Berbuka Puasa di Jombang, Istri Gus Dur Sampaikan Pesan Penting Ini

, Jurnal  – Istri Presiden Republik Indonesia (RI) keempat KH atau Gus Dur, Sinta Nuriyah menyampaikan pesan perdamaian saat berbuka puasa di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (23/3/2024).

“Kita adalah satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa bangsa. Momen Ramadan ini mari kita jadikan untuk menguatkan tali persatuan,” kata Sinta Nuriyah dalam buka puasa bersama di kedai ‘Gubuk Iwak Segoro' Jl Kapten Tendean, Pulo Lor, Jombang.

Mereka yang hadir adalah kelompok difabel, PSMTI (Paguyuban Sosial Masyarakat Indonesia), peguyuban tukang becak, serta umat non-muslim. Adapun tuan adalah Spekal (Serikat pedagang kaki lima).

Sinta juga berpesan kepada rakyat Indonesia agar senantiasa menjaga kerukunan serta toleransi antarumat beragama.

“Kita ini adalah masyarakat yang pluralis, terdiri dari berbagai suku dan agama. Harus bisa hidup rukun, saling menghormati, saling menghargai, saling menyayangi,” pesannya.

Berbuka Puasa di Jombang, Istri Gus Dur Sampaikan Pesan Penting Ini

Sinta Nuriyah yang hadir didampingi putri bungsunya Inayah Wulandari atau Inayah Wahid mengaku senang bisa berbuka puasa dengan lintas iman dan etnis serta lain. Hal itu merepresentasikan wajah Indonesia yang penuh dengan keberagaman suku dan agama.

Pada acara itu, Sinta Nuriyah mendapatkan ‘kado' puisi dari seorang difabel. Puisi dibacakan di muka umum.

Mantan Ibu Negara itu secara simbolis juga memberikan santunan kepada puluhan yatim dan duafa. Sinta juga berdialog dengan sebelum menyerahkan santunan.

Ketua Joko Fatah Rokhim menambahkan, selain buka bersama yang dihadiri oleh mantan Ibu Negara. Pihaknya juga memberikan santunan kepada puluhan anak yatim dan duafa.

Setiap anak mendapatkan paket sembako dan uang tunai. Penyerahan secara simbolis diserahkan oleh istri Gus Dur itu.

“Semoga yang kita lakukan ini bisa meringankan beban anak yatimdi Jombang. Ada 50 anak yatim yang hadir. Juga dihadiri oleh komunitas abang becak dan kelompok marginal lainnya,” katanya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .