Tumpengan Manggis di Jombang, 2.024 Kilogram Buah Dibagikan Gratis

, Jurnal Jatim – Tumpengan Manggis 2024 digelae Desa Jarak, Kecamatan Kabupaten Jombang Jawa Timur, Minggu pagi tadi (25/2/2024).

Sebanyak 2.024 kilogram buah manggis dibagikan gratis kepada pengunjung yang hadir di lapangan desa setempat.

Ribuan warga dari berbagai daerah larut dalam suasana keseruan berebut buah manggis hasil bumi Wonosalam, Jombang.

Selain tumpeng manggis yang berisi 2.024 kilogram, terdapat 17 tumpeng yang diarak warga Desa Jarak, menunjukkan simbol kerja keras masyarakat.

Tumpengan manggis ini digelar setiap tahun sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas melimpahnya manggis di Desa Jarak. Tahun ini, Pj Bupati Jombang hadir membuka acara itu.

“Bukan hanya manggis, banyak buah yang lain seperti , dan sayur mayur lainnya yang menjadi hiasan ditumpeng kecil,” kata Sugiat.

Buah manggis asli Desa Jarak saat ini juga sudah tembus ke , yakni ke Selandia Baru, dan Hongkong. Itu pada 2023 lalu.

Sugiat menjelaskan tumpengan Manggis sebagai bentuk rasa syukur melimpahnya panen buah manggis di Desa Jarak Wonosalam.

“Kita ingin mensyukuri, agar dihari panen kelak diberikan keberlimpahan yang lebih bagus lagi,” ujarnya.

Wonosalam memiliki banyak potensi wisata. Sugiat pun ingin membranding wonosalam sebagai tempat wisata untuk meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Saya minta nanti tanggal 3 Maret waktu kenduri durian banyak wisatawan datang ke wonosalam, jangan hanya satu hari di wonosalam kalau bisa menginap 3-4 hari karena biar perputaran uang lebih banyak ada di Jombang dan itu pasti meningkatkan perekonomian di Jombang,” ujar dia dalam sambutannya.

Ia menambahkan, acara tersebut bagian dari kebudayaan kearifan lokal yang terus dijaga dan kenduri durian awal Maret nanti sebagai bentuk agenda wisata nasional.

Bahkan, kata Sugiat, kalau perlu kenduri durian, manggis, alpokat Wonosalam bisa dikenal hingga internasional.

“Semoga harga manggis dari petani lebih bagus lagi serta buahnya berkualitas,” kata kepala Badan intelijen nasional (BIN) Daerah Sulawesi Barat ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di , Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com