Berbekal Rekaman CCTV, Pembobol Warung di Jombang Diringkus di Sawah

Jombang, Jurnal Jatim – Hasil rekaman Closed Circuid Television (CCTV), menjadi petunjuk polisi meringkus maling di sebuah warung dan makanan di Desa Brodot, Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Pelaku adalah Bagus Yuli (24) warga Dusun Pucanganom, Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang. Dia ditangkap saat bekerja di sawah.

Penangkapan itu setelah pemilik warung yang menjadi korban berinisial M (42) melaporkan ke polsek setempat.

CCTV menjadi saksi bisu sekaligus kunci aksi Bagus membobol warung itu. Dia dikenali ciri-cirinya oleh korban.

Wakil kepala kepolisian resor Jombang Kompol Hari Kurniawan mengungkapkan pengungkapan kasus pencurian itu dari laporan korban ke Polsek setempat.

“Bermula korban melaporkan ke Mapolsek Bandarkungmulyo dan kemudian diteruskan ke Satreskrim ,” kata Kompol Hari kepada , Selasa (3/10/2023).

Laporan korban kemudian ditindaklanjuti polisi dengan melakukan olah TKP (Tempat kejadian perkara serta meminta keterangan saksi-saksi, termasuk korban.

Menurut Hari, korban mengenali pelaku dari rekamann CCTV pada hari Senin (18/9/2023) lalu. Ciri-cirinya yakni cara jalan miring, celana training yang dipakai, dan sarung sebagai penutup kepala identik dengan ciri pelaku.

“Akhirnya pemuda tersebut ditangkap polisi saat sedang bekerja di sawah,” ujarnya.

Ketika dilakukan interogasi, pelaku yang sudah ditetapkan tersangka ini mengakui perbuatannya.

Tak hanya itu, tersangka mengaku sudah melakukan aksi pencurian sebanyak tiga kali di TKP berbeda.

Yakni di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Desa Pucangsimo, kecamatan Bandarkedungmulyo. Serta terakhir di warung.

“Dari hasil pencurian itu pelaku berhasil mencuri uang di warung Ep600 ribu, SD sebesar Rp600 ribu dan di MI sekitar Rp6 juta,” terangnya.

Atas perbuatan tersebut, tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

“Mendapatkan maksimal 7 tahun,” pungkasnya.

Dapatkan update menarik hanya di , Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.