Kekeringan Menghantui, Embung Desa di Jombang Mulai Mengering

Jombang, Jurnal – Embung atau penampung air di Dusun Brumbung, Desa Mangunan, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang tampak mengering yang ditengarai karena sudah beberapa bulan tak kunjung turun .

Pantauan di lokasi, embung dengan luas kurang lebih 1 hektar tampak sebagian besar mengering. Hanya ada beberapa genangan air di lokasi namun tersisa hanya sedikit.

Kepala Dusun Brumbung, Desa Mangunan, Sumadi (53) mengatakan embung desa memang selama ini dipakai untuk mengairi lahan pertanian.

Namun, saat musim kemarau, diakuinya mengalami kekeringan karena tidak ada pasokan air hujan.

Dulunya, Sumadi memastikan jika embung menjadi solusi masyarakat sekitar untuk kebutuhan air saat musim kemarau. Selain pertanian, juga untuk kebutuhan mandi dan air minum.

“Saat ini ya tidak berdampak mas, walau embung mengering, karena sudah ada Pamsimas dan sumur didekat sawah juga masih bisa digunakan,” kata Sumadi saat ditemui wartawan di rumahnya, Jumat (11/8/2023).

Menurut Sumadi, kekeringan memang selalu menjadi momok bagi Desa Mangunan sebelum adanya air sumur bor dan tandon program penyediaan air minum dan berbasis masyarakat (Pamsimas).

“Kalau dulu sebelum ada Pamsimas ya kekeringan selalu ada,” tandasnya.

Sebelumnya, sempat turun tangan salurkan air untuk warga terdampak kekeringan di sejumlah wilayah di Jombang, , Kamis (3/8/2023) lalu.

Salah satu wilayah dilanda krisis air bersih di tengah musim kemarau ini adalah desa Manduro Kecamatan Kabuh dan Desa Klitih Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Di Desa Manduro ada empat dusun, yakni Gesing, Matoan, Dander, dan Guwo. Sedangkan Desa Klitih  yaitu di dusun Tondowesi.

Masyarakat di wilayah itu mulai merasakan sulitnya mendapat air bersih, karena sumur telah mengering. Mereka harus mencari sumber air sawah dengan jarak tempuh mencapai 3 kilometer.

Jombang langsung turun tangan membantu warga di dua desa di Kecamatan Kabuh dan Plandaan itu. Polres mengirimkan air bersih 20 yang berkapasitas masing-masing truk lima ribu liter.

Dapatkan update berita menarik hanya di , Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.