Jelang Kepulangan Seorang Jemaah Haji Asal Jombang Meninggal Dunia di Tanah Suci

Jombang, Jurnal Jatim – Jelang kepulangan ke Tanah Air awal Agustus 2023, Jemaah asal Jombang atas nama Solikah binti Tamam di tanah suci .

Jemaah haji berjenis kelamin perempuan, berusia 66 tahun itu dilaporkan meninggal dunia pada Sabtu 21 Juli 2023 pukul 02:20 Waktu Arab Saudi.

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, jemaah haji dari Jombang atas nama Ibu Solikah binti Tamam di Arab Saudi,” kata Plt Kasi Penyelanggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Jombang, Ilham Rohim kepada JurnalJatim.com, Senin (24/7/2023).

Solikah merupakan warga Dusun Tejo, Desa Tejo Mojoagung Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Dia bergabung dalam kelompok terbang (kloter) Sub 78 yang akan dilakukan pemulangan pada 2 Agustus 2023 nanti.

“Almarhumah meninggal dunia di Rumah Saudi Jerman Jeddah karena sakit Sepsis,” ujar Ilham yang juga menjabat sebagai Kasi Pontren Kantor Kemenag Jombang ini.

Kemenag Jombang menyampaikan turut berduka atas wafatnya jemaah haji Solikah. “Semoga almarhumah khusnul khatimah, diterima seluruh amal baiknya dan mendapatkan haji yang mabrur,” ujarnya.

Ilham menambahkan, hingga kini pada musim haji 2023, telah ada 6 orang jemaah haji asal Kabupaten Jombang yang meninggal dunia di tanah suci.

Berdasarkan catatan Jurnaljatim.com, Pertama Mohammad Sholichan dari Sub Kloter 77. Ia meninggal dunia di tanah suci karena sakit pada Sabtu 1 Juli 2023, pukul 20:10 WAS (Waktu Arab Saudi). Solichan adalah warga Desa Kedawong, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Rani Wardi (70) sub kloter 79 menjadi jemaah haji kedua yang wafat dari Jombang Jawa Timur. Lansia ini berpulang karena Sesak nafas dan pneumoniae (paru-paru).

Rani merupakan jemaah haji asal Dusun Pasar Kidul, Desa Kesamben Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. Ia meninggal di Tanah Suci Mekkah pada Selasa 4 Juli 2023 pukul 18.55 waktu setempat.

Berikutnya yang ketiga, telah meninggal dunia Hj. Munasri Kamar 914 Kloter SUB-78, di , Jumat (7/7/2023) pukul 02.20 dini hari. Munasri tercatat warga Desa Gongseng, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang.

Jemaah haji keempat yang meninggal dunia di Mekkah adalah Kholiyatun. Dia dari Kloter SUB-77 warga Dusun Mlaras RT 07 RW 02 Kabupaten Jombang. Kholiyatun dilaporkan wafat pada Jumat 7 Juli 2023 lalu.

Kelima yakni jemaah haji atas nama Masrur Asmui Esan Jemaah Haji Kloter SUB-78 warga Dusun Sentanan, Desa Grogol, Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Jawa Timur. Masrur meninggal dunia di Tanah Suci Arab Saudi pada Minggu 9 Juli 2023.

Dan keenam ini adalah Solikah binti Tamam (66) yang meninggal dunia di RS Saudi Jerman Jeddah pada Sabtu 21 Juli pukul 02:20 Waktu Arab Saudi.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.