Terungkap! Ini yang Dilakukan Prabowo di Kamar Mbah Hasyim Tebuireng Jombang

Jombang, Jurnal Jatim Pertahanan (Menhan) RI Subianto masuk ke kamar , KH Hasyim Asyari (Mbah Hasyim) saat kunjungi  Pesantren Tebuireng, Jombang, Minggu (21/5/2023).

Sebelumnya, Prabowo ziarah  ke kompleks makam keluarga (ponpes) Tebuireng Jombang didampingi Pesantren Tebuireng KH Abdul Mahfudz atau .

Usai berdoa, Prabowo di makam KH Hasyim Asy'ari, KH Wahid Hasyim, Gus Dur dan makam lainnya. Setelahnya itu, melakukan pertemuan tertutup di Dalem Kasepuhan.

Nah, di ndalem Kasepuhan tersebut, Prabowo masuk ke kamar Mbah Hasyim dengan ditemani putra Gus Solah, Irfan Asy'ari Sudirman Wahid atau yang akrab disapa Gus Ipang. Hal itu dibenarkan oleh Gus Kikin.

“Tidak bersama saya (Prabowo masuk ke kamar Mbah Hasyim), bersama Gus Ipang,” kata Gus Kikin kepada wartawan.

Keluarga Pondok Pesantren Tebuireng KH Irfan Yusuf Hasyim atau Gus Irfan juga membenarkan Prabowo sempat masuk ke kamar penuh bersejarah itu.

Menurut dia, Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu hanya sekitar 10-15 menit di dalam kamar Mbah Hasyim. Tidak ada diskusi maupun pembicaraan khusus saat Prabowo di dalam kamar.

Gak ada, tidak ada (pembicaraan khusus di dalam kamar). 10 sampai 15 menitan (di dalam kamar),” kata Gus Irfan kepada wartawan.

Dikatakan Gus Irfan, saat berada di dalam kamar, Menhan ini hanya diam meresapi aura yang ada di dalam kamar kakek Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) tersebut.

“Beliau (di kamar) hanya diam aja, meresapi suasana, meresapi aura yang ada di dalam,” katanya.

Gus Irfan menambahkan, setelah keluar dari kamar, Prabowo juga tidak menyampaikan hal apapun kepada dirinya maupun keluarga besar Pesantren Tebuireng Jombang. “Gak ada yang disampaikan,” ujar Gus Irfan.

Sebentar itu Prabowo menegaskan tidak ada pembicaraan politik dalam pertemuan tertutup dengan Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin serta sejumlah kiai di dalem kasepuhan.

“Tadi di sana (di dalem kasepuhan) kita gak bicara politik, kekeluargaan saja. Tidak bicara politik, tidak minta apa-apa,” kata Prabowo.

Menteri yang santer dikabarkan maju sebagai (Capres) pada Pemilu 2024 ini mengaku kunjungannya sebagai baguan keluarga besar Tebuireng. Hubungan baik telah terjalin sejak lama.

“Saya ke sini dalam rangka silaturahmi nyekar di Gus Dur. Saya kan sudah lama sebagai keluarga besar di sini. saya hubungannya sudah lama dari kakek-kakek kita,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta Twitter  Jurnaljatim.com.