PPKM Dicabut, Vaksinasi Warga di Jombang Tetap Dilaksanakan, Ini Tujuannya

Jombang, Jurnal Jatim – Vaksinasi untuk herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat di Jombang terus bergulir meski status PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) telah dicabut atau dihentikan.

Sementara akselerasi pencapaian target diperlukan mengingat batasan waktu kedaluwarsa. Stok vaksin di Polres Jombang telah habis, namun masih ada sisa vaksin di Dinas Kesehatan.

“Sisa vaksin sepuluh ribu di Dinkes,” ujar Kapolres Jombang AKBP Moch Nurhidayat setelah menghadiri Gebyar vaksin Polres Jombang di Balai Desa Tunggorono, Jumat (13/1/2023).

Pada pelaksanaan vaksin, tenaga nakes Polres Jombang membantu percepatan. Vaksin sisa dari puskesmas dikumpulkan untuk disalurkan ke masyarakat. Sebagaimana mandat dari Polda Jawa Timur bersama Pemrov Jatim kami akselerasi di tingkatan Jombang.

“Semakin cepat habis, ada droping kami akselerasi kembali. Vaksin adalah kesaran untuk kepentingan diri sendiri dan orang lain,” ungkap Nurhidayat.

Terpisah, penanggungmawab imunisasi Puskesmas Jabon, Etika Elok merinci jumlah warga yang mendapatkan vaksin dengan jenis Pfizer. Vaksin dosis satu sebanyak 15 orang, vaksin dosis dua 12 orang, vaksin dosis tiga sebanyak 131 orang dan dosis empat sebanyak 8 orang.

“Total 166, vaksin Pfizer habis 17 botol vial,” ungkap Etika kepada wartawan usai acara vaksinasi di Balai desa Tunggorono.

Tidak terlalu banyak karena pihaknya mengaku sudah maksimal melakukan vaksinasi. Termasuk mendatangi kerumah warga.

“Semua warga rata-rata sudah tervaksin,” pungka Etika.

Diketahui Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menghentikan kebijakan PPKM mulai 30 Desember 2022. Meski demikian pemerintah tetap menganjurkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan meski sifatnya anjuran, tidak lagi wajib.

“Pemberhentian PPKM tidak sebagai pernyataan pandemi Covid-19 telah selesai, karena pernyataan pandemi selesai dinyatakan oleh WHO,” demikian bunyi Diktum Kedua pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2022.

Instruksi yang ditujukan kepada semua kepala daerah ini yang kemudian mencabut semua aturan lama soal PPKM, Dalam beleid ini, sederet aturan kini hanya bersifat dorongan alias anjuran saja.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.