Siswa di Jombang Jalani Ujian Penilaian Akhir Semester Berbasis Android

, – Ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk siswa Tsanawiyah dan sederajatnya di Kabupaten Jombang, telah dilaksanakan mulai 5 hingga 13 Desember 2022 nanti.

Ujian PAS itu menggunakan telepon genggam berbasis android yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik dengan jaringan paket .

Ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) 2022-2023 tersebut seperti dilaksanakan di MTsN 11 Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Siswa mengikuti penilaian akhir berbasis “” menggunakan Learning Manajemen Sistem (LMS) yang dibuat dan dikembangkan oleh pihak sekolah untuk memudahkan proses pengerjaan soal ujian dan penilaian.

Nantinya sebelum Penilaian Akhir Semester (PAS) dimulai, pihak panitia pelaksana PAS madrasah mengirimkan link kepada masing-masing -ustazah yang bertugas sebagai pengawas ruang ujian.

Kemudian link akan dikirimkan kesalah satu peserta didik guna disebarluaskan keseluruh siswa yang berada di ruangan ujian tersebut. Ujian PAS mulai pukul 07.25 WIB sampai pukul 11.15 WIB.

Penilaian Akhir Semester ini menggunakan 23 ruang ujian, terbagi 8 ruangan untuk kelas 7A sampai H, 8 ruangan untuk kelas 8 A sampai H, dan 7 ruangan untuk kelas 9A sampai G.

Wakil Kepala Kurikulum MTsN 11 Jombang, Nanik Sulistiani menyampaikan Ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) 2022-2023 berbasis android ini berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ujian pada tahun ini, setiap mata pelajaran dianjurkan memberikan 5 butir soal esai, guna merangsang peserta didik berfikir kreatif dalam menjawab soal dan meminimalisir kecurangan peserta didik.

“Alhamdulillah pelaksanaan ujian Penilaian Akhir Semester berjalan dengan baik dan lancar,” kata Nanik.

Kepala Seksi Kantor Kemenag Jombang, Arif Hidayatulloh menambahkan ada beberapa kelebihan dari pelaksanaan penilaian ini dibandingkan dengan penilaian secara manual (kertas).

Di antaranya, pengeluaran madrasah yang lebih sedikit untuk pelaksanaan PAS, tidak diperlukanya kertas lagi sehingga lebih ramah lingkungan guna mendukung program Adiwiyata Madrasah, dan efesiensi waktu yang mana hasil jawaban peserta didik bisa langsung dikoreksi juga diketahui nilainya.

“Kami sampaikan selamat melakukan ujian akhir, semoga semua berjalan dengan lancar hingga akhir nanti,” kata Arif Hidayatulloh, Selasa (6/12/2022).

Dapatkan update berita menarik hanya di , jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .com