Hati-Hati Lewat Jalan Tol Jombang-Mojokerto, Sebulan 198 Kali Kecelakaan, 6 Orang Tewas

Jombang, Jurnal Jatim – Masyarakat hendaknya lebih berhati-hati saat lewat jalan tol Jombang – Mojokerto. Sebab, satu bulan ini sudah ratusan kali terjadi kecelakaan di jalan bebas hambatan itu. Enak orang di antaranya tewas.

Musibah bisa datang kapan saja dan dimana saja. Demikian juga Kecelakaan Lalu Lintas, bisa terjadi kapanpun dan dimanapun walau sejumlah sarana infrastruktur jalan sudah menunjang para pengendara.

Adapun keberadaan jalan Tol mendukung kelancaran aktivitas. Jalan tol menyediakan sarana jalan spesial untuk mobil penumpang maupun angkutan.

Jalanan mulus, lebar dan dilengkapi beragam sarana penunjang seperti penerangan jalan, rambu lalu lintas maupun rest area.

Bukannya lancar dan lengkap fasilitasnya, tidak cukup berbahaya. Jika lengah dan tidak waspada, mengemudi kendaraan di jalan Tol bisa berakibat celaka.

Data yang dipublish melalui reklame tulisan video di depan pintu exit Tol Tembelang Jombang disampaikan data kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Jombang-Mojokerto (Jomo).

Reklame tulisan video tersebut menerangkan bahwa selama November 2022 telah terjadi kecelakaan di Tol Jombang – Mojokerto sebanyak 198 kali, 6 orang di antaranya harus kehilangan nyawa.

Data sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Pol Muhammad Taslim Chairuddin memberikan penjelasan terkait etika berlalu lintas dengan baik kepada siswa SMA, mahasiswa, guru, santri dan santriwati di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang, Selasa (20/9/2022) lalu.

Kombes Taslim mengaku prihatin tanpa disadari setiap hari ada 15 orang meninggal dunia akibat laka lantas di Jawa Timur. Lebih ironis lagi, 82 persen korban yang meninggal berusia antara 16 sampai 60 tahun atau usia produktif.

Gambaran tentang angka kecelakaan diatas patutnya bisa jadi pembelajaran bagi kita semua. Apalagi bagi pengendara yang akan memanfaatkan aktivitas libur sekolah yang berbarengan dengan perayaan Tahun Baru 2023.

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Rudi Purwanto memastikan semua jajaran Lantas disiagakan di Pos Pantau untuk memberikan imbauan dan siaga mengatur arus lalu lintas.

“Ada jajaran anggota siaga setiap Pos pantau, termasuk Pos pantau exit Tol Tembelang,” ujar Rudi Purwanto kepada wartawan, Selasa (27/12/2022).

Tentu saja imbauan itu untuk pengguna jalan Tol agar tetap mematuhi rambu lalu lintas. Sebab, potensi kerawanan kecelakaan lalu lintas kerap terjadi di jalan Tol.

Sementara itu, petugas Pos Pantau dari jajaran Satlantas Heru Prasetyo menegaskan jika arus lalu lintas di sekitaran exit Tol 5 hari sebelum Tahun Baru masih terpantau lancar. Dari arah Kediri-Jombang masuk Tol menuju Surabaya maupun dari arah Lamongan ke Surabaya masih terpantau lancar.

“Kondisi pantauan Lancar, belum ada kepadatan kendaraan, hanya saja pas malam sebelum perayaan Natal 2022 ada sedikit kepadatan,” kata Heru.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.