Lihat Penampakan Batu Penyusun Candi Situs Yoni Gambar di Jombang

Jombang, Jurnal JatimBeberapa batu penyusun candi ditemukan tim ekskavasi Situs Yoni Gambar di Dusun Sedah, Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang pada penggalian di kedalaman satu meter.

Ketua Tim ekskavasi Pahadi mengemukakan, ekskavasi Situ Yoni Gambar mengungkapkan beberapa batu berukuran bervariatif yang diyakini penyusun sebuah struktur candi ditemukan tim ekskavasi disekeliling Yoni pada Selasa (15/11/2022) lalu.

”Kami belum menemukan struktur intak (utuh). Tetapi sebaran batu penyusun candi, yang berwarna ungu dan krem itu banyak kita temukan,’’ ujar Pahadi belum lama ini.

Dari temuan batu penyusun candi tersebut, ia menduga jika bangunan struktur telah mengalami kerusakan.

“Batu itu kita temukan dalam kedalaman 1 meter. Namun posisinya berserakan,’’ kata arkeolog Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah XI Jawa Timur ini.

Ia mengaku, ekskavasi Situs Yoni Gambar Jombang dilakukan selama 7 hari. Adapun target tim untuk mengidentifikasi potensi struktur di bawah Yoni gambar.

”Asumsi awal, Situs Yoni gambar ini memiliki kemiripan latar belakang dengan Yoni di Klinterejo di Mojokerto. Selain yoni yang memiliki ukuran cukup besar, letaknya juga sama ditengah sawah,’’ ujarnya.

Menurut dia, Yoni merupakan komponen bangunan candi yang berlatarbelakang agama Hindu. Salah satu keistimewaan Yoni Gambar adalah ukurannya besar. Ukurannya mencapai dua kalilipat dari Yoni Klinterejo.

”Dimesi Yoni gambar cukup besar. Sekitar 2,8 meter untuk dimesinya dan Tingginya 132 cm,’’ katanya.

Melihat ukuran batu sebesar itu, ia menduga sejak dulu memang lokasinya di tempat itu. Sebab, akan kesulitan jika dipindah ke lokasi lain.

”Kalau arahnya memang telah mengalami pergeseran. Yakni pahatan naga harusnya menghadap utara. Tapi karena ini sudah menghadap barat, artinya sudah bergeser. Namun untuk lokasinya kami asumsikan tetap,’’ ucapnya.

Jika lokasinya tetap, maka dugaan awal adanya struktur bangunan di bawah Yoni masih tetap. ”Itupun jika tidak rusak baik faktor manusia ataupun faktor alam,’’ tutup Pahadi.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.