Kabupaten Jombang Ekspor 7,5 Ton Daun Talas Ke Australia

, Jurnal – Pemkab Jombang melakukan ekspor ke Australia. Sebanyak 7,5 ton daun talas rajangan kering dalam muatan satu kontainer diberangkatkan secara simbolis dari depan kantor Kabuh, Rabu (2/11/2022).

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengaku bersyukur kabupaten Jombang bisa melakukan ekspor daun Talas rajangan kering ke Negeri Kanguru tersebut.

“Tadi diangkut dengan menggunakan mobil kontainer. Ada kurang lebih 7,5 ton daun Talas kering rajangan,” kata Mundjidah Wahab, Rabu (02/11/2022).

Pihak pemkab, kata Mundjidah Wahab, akan melakukan tindak lanjut yakni memenuhi kuota ekspor sebanyak 10 ton di setiap bulannya. Ia menyatakan akan dilakukan pembinaan kepada kelompok-kelompok tani untuk mengembangkan tanaman Talas.

“Kerja sama dengan perhutani, dalam hal ini lembaga masyarakat hutan,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang Muchammad Rony menambahkan langkah ekspor tersebut merupakan terobosan besar sesuai dengan arahan bupati dan gubernur.

Menurut Rony, setiap lembaga diharapkan untuk mencari terobosan dalam pemulihan ekonomi pasca pendemi COVID-19.

“Pengembangan ekonomi yakni dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada, dipilihlah daun talas ini,” kata Rony.

Dikatakan Rony, daun Talas selama ini masih hanya sekedar dimanfaatkan umbi dan daunnya untuk makanan. Tapi ternyata daun Talas memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Daun Talas bisa dimanfaatkan untuk menjadi subtitusi pengganti tanaman tembakau.

“Kadar nikotinnya hampir nol dan memiliki cita rasa seperti tembakau, ini potensi yang luar biasa,” terangnya.

Pantauan di lapangan, Wahab melepas keberangkatan kontainer pengangkut daun Talas rajangan kering dengan memecahkan kendi.

Tampak sejumlah pejabat Pemkab Jombang, Camat Kabuh, dinas pertanian dan para penyuluh lapangan serta juga perwakilan dari kejaksaan negeri dan bea Kediri.

Dapatkan update menarik hanya di , jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com