Hujan Deras Disertai Butiran Es Terjadi di Wonosalam Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Hujan deras disertai butiran es terjadi di wilayah Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Selasa, (29/11/2022) siang sekitar jam 13.00 WIB.

Hujan es itu diduga merupakan dampak dari cuaca ekstrem berupa hujan intensitas deras yang disertai angin terjadi di kawasan itu.

Kepala Desa (Kades) Wonosalam Jombang Joko Prianto mengatakan, sebelum hujan es, kondisi langit sangat mendung. Tidak lama, hujan deras mengguyur wilayah setempat. Nah, bersamaan itu hujan es terjadi.

Joko yang tengah membersihkan rumahnya yang terkena percikan air mengatakan hujan es itu tidak berlangsung lama. Selain itu, butiran es juga tak banyak.

“Pada waktu itu hujannya sangat deras. Ada butiran es yang ikut jatuh. Ukurannya tidak terlalu besar. Jumlahnya juga sedikit,” kata Joko.

Menurutnya sekitar pukul 14.00 WIB, kondisi hujan mulai reda. Oleh sebab itu, warga sekitar mulai membersihkan rumah yang terkena air hujan.

“Karena air hujan yang tersapu angin sempat masuk ke teras rumah,” kata pria yamg gemar mengenakan kacamata hitam ini.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Jombang Syamsul Bahri membenarkan adanya hujan es di wilayah Kecamatan Wonosalam itu.

Kendati demikian, Syamsul menyebut tidak ada laporan kerusakan pemukiman warga akibat hujan tersebut. Syamsul menyebut butiran es yang jatuh ukurannya kecil.

Lebih lanjut Syamsul menambahkan, hingga saat ini belum ada laporan terkait adanya angin puting beliung yang menyertai hujan es tersebut.

“Meski begitu, kami imbau agar masyarakat selalu hati-hati. Karena bencana bisa terjadi kapan saja,” kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jombang.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com