oleh

Soal Robot Trading Viral Blast, Begini Tanggapan Pengacara Terdakwa

Surabaya, Jurnal Jatim – Majelis hakim memeriksa 6 orang saksi yang diajukan jaksa penuntut umum dalam sidang lanjutan kasus robot trading viral blast di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/9/2022).

Sebagian para saksi yang hadir dalam sidang yang diketuai Sutarno tersebut berasal dari manajemen tim sepak bola yang menerima sponsorship dari Viral Blast Global.

Appe Hamonangan Hutauruk, Kuasa hukum dari 3 terdakwa dalam perkara itu yakni RPW, MU, dan JHP, menyebut semua keterangan saksi menguntungkan terdakwa.

“Dalam penjelasan saksi tidak ada point aliran dana sponsorship dari terdakwa,” katanya usai sidang.

Selain itu, dalam pertemuan antara saksi dengan terdakwa, tidak pernah membahas tentang robot trading, namun hanya membahas tentang e-book.

“Terdakwa dalam faktanya terdakwa tidak pernah memberikan kepada pihak lain sejumlah uang atau dalam bentuk apapun maupun dengan tujuan apapun,” ujarnya.

Saat awal mula polisi mengusut kasus itu, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan bahwa kasus Robot Trading Viral Blast merugikan member hingga Rp1,2 triliun.

Whisnu juga mengatakan, Viral Blast Global tidak memiliki izin untuk menjalankan trading.

Polisi sebelumnya sudah melakukan penyitaan terhadap sejumlah aset terkait kasus penipuan tersebut. Secara total, ada Rp22.945.000.000 uang yang disita.

Kemudian, penyidik juga telah melakukan penyitaan sembilan unit aset berupa mobil, rumah, dan apartemen dari para tersangka kasus Viral Blast.

Dalam kasus ini penyidik Bareskrim Polri menetapkan empat orang tersangka. Selain Putra Wibowo, juga pria berinisial RPW, MU, JHP.

Dalam perkara ini, Jaksa mendakwa para terdakwa sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 105 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com