oleh

Ini Pemicu Petani Tuban Tebas Leher Tetangga Hingga Tewas

Tuban, Jurnal Jatim – Giman (67), petani asal Desa Jlodro, Kecamatan Kenduruan, Tuban, Jawa Timur nekat membacok tetangganya, Tumi (57) hingga tewas di tempat dengan luka serius pada bagian leher dan tubuhnya, Jumat siang, (23/9/2022).

Setelah menghabisi nyawa tetangganya itu, Kakek Giman menyerahkan diri ke kantor Polsek setempat. Ia pun ditahan oleh polisi.

“Untuk korban telah meninggal dunia akibat dibacok menggunakan bendo,” kata Kapolsek Kenduruan, Polres Tuban, IPTU Agus Tri Wahyudi, Sabtu (24/9/2022).

Peristiwa berdarah itu diduga terjadi karena masalah sengketa batas lahan persawahan di desa setempat. Pada saat itu, pelaku bersama korban bertemu di jalan persawahan di Desa Jlodro, Kecamatan Kenduruan, Tuban.

“Saat bertemu, tersangka bertanya ke korban kenapa patok (pembatasan) dicabuti,” jelas Kapolsek Kenduruan.

Sontak pertanyaan tersebut dijawab korban bahwa yang dilakukannya itu sudah benar. Mendengar ucapan itu, pelaku terus berjalan meninggalkan korban yang saat itu sedang mencabuti patok pembatas lahan.

“Ketika pelaku sudah jalan, korban berkata kamu mau apa kalau patok saya cabuti,” kata Kapolsek Kenduruan menirukan keterangan dari pelaku.

Kalimat itu lah yang membuat pelaku emosi, naik pitam dan gelap mata. Seketika pelaku membacok korban sebanyak tiga kali dengan menggunakan sebilah bendo (golok) yang dibawanya.

“Tersangka sakit hati dan selanjutnya membacok korban sebanyak 3 yang pertama mengenai leher samping kiri,” kata Agus.

Setelah dibacok, korban ditinggal di lokasi kejadian dalam kondisi terkapar dengan luka serius di bagian lebar dan tubuhnya yang membuat nyawanya tidak bisa diselamatkan.

Lalu pelaku menyerahkan diri ke polsek setempat dan menceritakan yang telah dia lakukan, yakni melakukan pembunuhan.

“Setelah membacok, tersangka menyerahkan diri ke Polsek Kenduruan,” ujarnya.

Agus menambahkan, tersangka lalu datang ke Polsek dengan membawa sebilah bendo yang masih berlumuran darah. Lalu anggota menahan tersangka dan melakukan oleh tempat kejadian perkara (TKP) guna proses penyelidikan lebih lanjut.

“Tersangka sudah ditahan dan melimpahkan perkara ini ke Satreskrim Polres Tuban,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com