oleh

Embat Motor Ibu Rumah Tangga di Tuban, Dua Residivis Masuk Bui

Tuban, Jurnal Jatim – Dua orang residivis kembali masuk penjara setelah melakukan aksi pencurian sepeda motor milik seorang ibu rumah tangga di Tuban, Jawa Timur.

Residivis curanmor yang ditangkap bernama Andik Harjianto (36), pria asal Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, dan M. Basir (42), pria asal Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

Kedua pria tersebut dibekuk anggota Polsek Rengel, Tuban setelah melakukan pencurian sepeda motor milik perempuan berinisial IW (46).

Andik dan Basir mengembat sepeda motor honda vario milik IW yang diparkir di teras rumahnya, di Desa Campurejo, Kecamatan Rengel, Tuban.

Pada saat itu korban memarkir motor di teras rumahnya dalam kondisi terkunci. Tidak berselang lama, IW mendapati sepeda motornya raib, lalu melaporkan kasus itu ke polisi.

“Setelah kejadian itu, korban melaporkannya ke Polsek Rengel Tuban,” kata Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya, Selasa (20/9/2022).

Anggota Satreskrim Polres Tuban bersama Polsek Rengel melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP) guna proses hukum lebih lanjut.

Polisi juga memintai keterangan sejumlah saksi dan korban. Hingga didapati petunjuk terduga pelaku adalah Andik dan Basyir yang merupakan residivis Curanmor.

“Hasil giat itu diperoleh informasi pelaku diduga residivis pencurian sepeda motor,” tegas Rahman.

Pelaku Andik Harjianto dibekuk petugas saat berada di dalam rumahnya. Hasil interogasi, pelaku mencuri sepeda motor bersama temannya, M Basir.

“Sepeda motor hasil curian itu dipergunakan salah satu pelaku. Lalu temannya diberikan uang tunai satu juta,” jelas Rahman.

Polisi bergerak menangkap Basir. Pada saat dilakukan penggeledahan di rumah M. Basir, ditemukan sepeda motor hasil curiannya. Barang bukti itu diamankan di Mapolres Tuban.

“Barang bukti sepeda motor ditemukan di dalam rumah salah satu tersangka,” jelas Kapolres Tuban.

Kapolres Tuban menegaskan untuk kedua pelaku dijerat pasal 363 ayat 1 ke 4e KUHP tentang pencurian dengan pemberatan terhadap kendaraan bermotor. Ancaman hukuman pidana penjara paling lama 7 tahun.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com

Editor: Hafid