oleh

Remaja Jombang Harus Mampu Hadapi Permasalahan di Masa Transisi

Jombang, Jurnal Jatim – Bupati Jombang Jawa Timur, Mundjidah Wahab berharap melalui Duta Generasi Berencana (GenRe), remaja harus memiliki semangat yang tinggi.

Para Duta Genre juga mampu menghadapi permasalahan yang sangat kompleks seiring masa transisi remaja dan mampu menjadi duta yang menyuarakan pentingnya perencanaan untuk mewujudkan keluarga kecil, sehat dan sejahtera.

Mundjidah Wahab menyampaikan itu pada Grand Final Duta Genre 2022 di ruang Bung Tomo kantor Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (11/8/2022).

“Konsep keluarga kecil, bahagia dan sejahtera harus menjadi cita-cita bersama, karena keluarga sebagai komunitas terkecil dari masyarakat diharapkan menjadi lembaga pendidikan pertama dan utama bagi perkembangan jiwa anak,” katanya.

Dikatakan bupati perempuan pertama di Kabupaten Jombang, remaja adalah investasi bangsa. Remaja harus siap menerima estafet kepemimpinan.

“Kemampuan berkomunikasi juga tidak hanya dikembangkan saat seleksi saja, tapi juga diterapkan dalam masyarakat,” ujarnya.

Pada grand final itu, Anandito Alif Firdaus dari PIK-R Mantab MAN 3 Jombang dan Uswatun Khalisanah dari PIK-R Sejahtera Unipdu Jombang terpilih menjadi Duta Genre 2022.

Juara kedua Duta Genre adalah Muchammad Niamuddin Mubarok dari PIK-R Desa Plosogeneng dan Syifa Alvina Salwa dari PIK-R Mantab MAN 3 Jombang.

Kemudian huara tiga Sandy Alexi Hendian dari PIK-R Ceria MAN 4 Jombang Aqilah Nur Safira dari PIK-R Garda MAN 1 Jombang.

Mundjidah Wahab berpesan kepada Duta Genre yang belum berkesempatan menang, diharapkan untuk tetap semangat pantang menyerah dan akan terus berprestasi.

“Saya juga berharap, remaja yang terpilih dapat membantu Pemkab Jombang untuk membina karakter generasi muda,” katanya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKB-PPPA) Kabupaten Jombang, Pudji Umbaran mengucapkan selamat kepada Duta Genre terpilih.

“Pemilihan Duta Genre sebagai upaya untuk mengembangkan, membangun kreativitas dan meningkatkan komitmen serta partisipasi remaja dalam pembangunan,” katanya.

Mantan Direktur RSUD Jombang itu berharap duta genre dapat meningkatkan pengetahuan dengan melaksanakan program genre. Serta menyiapkan remaja berkualitas yang mampu bersaing dan produktif.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.