Pelatihan Manajemen Satuan Komunitas Se Jatim di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Pelatihan manajemen satuan komunitas (Sako) se-Jawa Timur 2022 dilaksanakan selama 2 hari pada 3-4 Agustus 2022 di Pendopo Kabupaten Jombang dan Agropolis Wonosalam.

Pelatihan untuk meningkatkan pemahaman tentang organisasi pendukung Gerakan Pramuka yaitu Sako Pramuka. Meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan administrasi gugus depan di lingkungan Sako Pramuka.

Meningkatkan Kapasitas Pengelolaan Sako Pramuka. Dan meningkatkan peran Sako Pramuka ditingkat gugus depan, ranting, cabang maupun daerah

Pelatihan dibuka Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur M. Arum Sabil yang ditandai penyematan tanda peserta didampingi Bupati Jombang Mundjidah Wahab selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Jombang.

Arum Sabil dalam sambutannya di Pendopo Kabupaten, pada Kamis (4/8/2022) berpesan kepada seluruh anggota pramuka Jawa Timur untuk terus singsingkan lengan baju, menggelorakan semangat, bangunlah jiwa raga, menguatkan mental, mengasah pikiran, dan perkuat iman.

“Kita dorong anak-anak muda kader-kader praja muda karana untuk menjadi pelopor di garda terdepan sebagai penemu, pencipta, dan penggagas penguatan kedaulatan pendidikan, di kesehatan pertahanan negara. Kemandirian dan ekonomi, dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan alat pertahanan negara,” katanya.

Bupati Mundjidah mengatakan Sako Pramuka adalah bagian integral dari gerakan pramuka. Dalam pelaksanaan kegiatannya, Sako harus selalu berkoordinasi dengan kwartir.

“Hal ini penting saya tekankan, agar tidak ada aktivitas kepramukaan yang dilaksanakan Sako tanpa diketahui Kwartir yang bersangkutan. Terlebih bila melibatkan pihak dari luar gerakan pramuka,” katanya.

Sako melalui Kwartir mengkoordinasikan, memfasilitasi, dan mendukung pelaksanaan pendidikan kepramukaan bagi gugus depan yang berbasis komunitas. Mengingatkan kembali bahwa watak serta akhlak mulia generasi muda tak lepas dari peran pramuka sebagai wadah pembentukan karakter.

“Karena itu saya berharap Pramuka terus menjadi yang terdepan dalam revolusi mental bagi kaum muda. Jujur, disiplin, tangguh dan bertanggungjawab dengan bersandar pada nilai-nilai budaya. Semoga Pelatihan Manajemen Sako se-Jawa Timur bisa berjalan sukses dari awal sampai akhir, dan bisa menambah wawasan seluruh peserta,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.