oleh

Kapolda Jatim Bekali Wawasan Kebangsaan Maba Unair Surabaya Seperti Ini

Surabaya, Jurnal Jatim – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta, belum lama ini memberikan bekal wawasan kebangsaan kepada ribuan mahasiswa baru (Maba) Unair (Universitas Airlangga) Surabaya, Jatim.

Ada sebanyak 8.275 mahasiswa baru untuk program pendidikan sarjana dan vokasi Universitas Airlangga tahun ajaran 2022-2023. Pembekalan dilaksanakan di Airlangga Convention Center, Kampus C Unair.

Dalam keterangan tertulis disebutkan bahwa Kapolda Jatim meminta agar para mahasiswa menjalin kerukunan dan persatuan antar keluarga besar Universitas Mahasiswa di tengah-tengah keberagaman sebagai wujud implementasi dari Bhineka Tunggal Ika.

Perwira tinggi Polri ini menyampaikan para mahasiswa baru harus bisa menghasilkan daya MANTAP dan BERAPA, dalam meraih cita-citanya. MANTAP Nico artikan sebagai  Iman, Kemauan dan Pengetahuan. Sedangkan arti dari BERAPA yakni Benar, Rajin dan Pintar.

“Perubahan perkembangan zaman selalu dinamis, maka dari itu seluruh mahasiswa harus adaptif dan pandai menyesuaikan diri dengan dibekali wawasan, pengetahuan serta moral yang didapatkan pada saat menempuh pendidikan di Universitas Airlangga,” kata Kapolda Jatim pada Senin (22/8/2022).

Lebih lanjut Jenderal polisi bintang dua ini menjelaskan bahwa landasan fundamental dalam menempuh pendidikan di Universitas Airlangga yang harus dimiliki mahasiswa adalah MANTAP agar menghasilkan output BERAPA.

“Orang-orang di sekeliling kita adalah orang yang memengaruhi kehidupan dan masa depan kita. Maka dari itu jalin kerukunan dan persatuan antar keluarga besar Universitas Mahasiswa di tengah-tengah keberagaman sebagai wujud implementasi dari Bhineka Tunggal Ika,” tandas mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini.

Diketahui, Universitas Airlangga Surabaya pada Kamis (18/8/2022) mengukuhkan ribuan mahasiswa baru pada tahun ini. Pengukuhan Mahasiswa baru itu dilakukan oleh Rektor Universitas Airlangga, Prof Dr Moh Nasih SE MT Ak.

Kepada para mahasiswa baru, Prof Nasih menyampaikan kepedulian dan pengetahuan pada lingkungan sangatlah penting. Apalagi kepedulian sesama warga kampus. Selain itu Asas kekeluargaan, juga menjadi hal yang tak kalah penting. Hal itu agar dapat mampu hidup rukun dan harmonis dengan sesama.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.