oleh

Gelapkan Mobil Warga Batu, Pria Ini Dibekuk di Balikpapan, Begini Modusnya

Batu, Jurnal Jatim Kejahatan GZA (23) yang diduga menggelapkan sejumlah mobil rental di wilayah Batu, Jawa Timur dengan cara menggadaikan telah berakhir setelah petugas reserse kepolisian setempat meringkusnya.

Polisi membekuk pemuda tersebut di tempat pelariannya di daerah Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur beberapa pekan lalu

“Pelaku penggelapan mobil ditangkap oleh Satreskrim Polres Batu di Samarinda pada 25 Juli 2022 lalu,” kata Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin, Rabu (3/8/2022).

Menurut Oskar, GZA merupakan warga Desa Pujon Lor, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Saat ini GZA telah ditetapkan sebagai tersangka dan menjalani proses hukum lebih lanjut.

“Tersangka GZA mengaku menggadaikan 6 mobil sewaan dalam kurun waktu Januari sampai Maret 2022,” kata Oskar.

Oskar menjelaskan modus tersangka yakni dengan cara mendatangi para korban di rumahnya masing-masing untuk menyewa kendaraan mobil dengan membuat berbagai alasan.

Alasan di antaranya digunakan menjemput keluarga tersangka di surabaya yang datang dari makasar, takziah keluarga tersangka ke luar kota dan keperluan pribadi tersangka.

“Sehingga para korbannya menyerahkan mobil kepada tersangka” kata Oskar.

Setelah mobil dibawa tersangka, mobil milik para korban kemudian digadaikan tersangka kepada orang lain tanpa sepengetahuan dan tanpa seijin para korban.

“Besarnya uang gadai bervariasi antara Rp20.000.000 sampai dengan Rp28.000.000,“ kata Oskar.

Selesau menggadaikan mobil milik para korban, selanjutnya pria tersebut tidak bisa dihubungi atau melarikan diri, sehingga para korban melaporkan kejadian itu Polres Batu.

Dalam kasus penipuan atau penggelapan itu, tersangka melanggar pasal 378 KUHP atau pasal 372 KUHP dengan hukuman pidana hukuman penjara setinggi-tingginya empat tahun.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.