oleh

Simak, Pesan Wakil Ketua DPRD Jombang di Hari Anak Nasional 2022

Jombang, Jurnal Jatim – Momentum Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022 ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jombang, Jawa Timur Farid Alfarisi mengingatkan para orangtua untuk melindungi dan mengarahkan anak-anaknya dari pesatnya kemajuan teknologi.

Sebab, perkembangan teknologi yang kian canggih, sangat memungkinkan membawa dampak negatif bagi kaum muda, khususnya anak-anak.

“Orangtua harus mengambil peran untuk mengawasi dan melindungi anaknya agar tidak terjerumus hal-hal negatif,” katanya kepada Jurnaljatim.com, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Gus Farid, begitu sapaan akrabnya, tantangan baru saat ini adalah menghadapi kemajuan zaman, selain informasi cepat dan mudah masuk, demikian juga dengan hal- hal lain yang tidak bersifat edukatif.

Para orang tua agar dapat mendampingi dan mengawasi anak saat menggunakan internet. Orang tua harus memberi pengertian kepada anak-anaknya terkait apa yang boleh dan tidak boleh.

“Serta mengarahkan kepada anaknya untuk menggunakan internet secara bijak dan bermanfaat,” kata suami Lailatun Ni’mah Ketua Fatayat NU Jombang ini.

Pimpinan DPRD Jombang ini juga mengaku prihatin banyaknya kasus disebabkan dari informasi media sosial. Saling menjelekkan, memaki, hingga perundungan atau bullying yang berujung pada tindak kekerasan anak.

Menurut pria yang memiliki tiga orang anak ini, bullying pada anak sangatlah berdampak buruk pada mental mereka. Untuk itu anak harus selalu dijaga dan dilindungi dari tindakan itu. Sebab, anak-anak merupakan kelompok yang sangat rentan terpengaruh tindakan dan ucapan yang dilihat di lingkungannya.

Di tengah padatnya aktivitas sebagai wakil rakyat, Farid mengaku selalu berupaya untuk bersama keluarga. Memang terkadang harus berjauhan sama keluarga karena kunjungan kerja di luar daerah. Namun, dirinya tetap memantau aktivitas keluarga terutama pada putra dan putrinya.

Terlebih, beberapa bulan terakhir marak kejadian kekerasan seksual dengan sasaran anak-anak. Ia pun prihatin dan mendorong para orang tua bisa menjadi contoh yang baik bagi anak. Yakni melindungi dan memenuhi hak-hak sebagai seorang anak.

“Jadi, pesan saya, marilah lindungi anak kita dimanapun mereka berada, temani-lah anak kita. Hentikan bullying dan jangan ada pernikahan dini serta mengimbangi anak-anak dengan ajaran agama dan aktivitas fisik yang positif,” ujarnya berpesan.

Menantu Bupati Jombang Mundjidah Wahab itu menambahkan peringatan HAN 2022 ini memacu semangat agar anak-anak Indonesia dapat terbebas dari stunting. “Harapan ini demi mempersiapkan menuju Generasi Emas tahun 2045 mendatang,” kata wakil rakyat ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.