oleh

Puluhan Polisi di Polres Jombang Disiram Air Pakai Water Cannon

Jombang, Jurnal Jatim – Puluhan personel Polres Jombang, Jawa Timur basah kuyup disiram air dari water cannon di lapangan mapolres setempat, Jalan Wahid Hasyim, Senin pagi (4/7/2022).

Selain polisi berpangkat bintara dan perwira, juga ada sejumlah pegawai negeri sipil (PNS). Walau disiram air, tapi kebahagiaan tampak terpancar dari raut muka mereka.

Anggota Polres Jombang itu bukan sedang dihukum,tapi sedang menjalani proses ritual siraman air setelah pangkat pengabdian mereka naik satu tingkat.

Sebelum disiram air dengan water cannon, para personel mengikuti upacara korps raport kenaikan pangkat yang dipimpin oleh Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat.

Upacara diikuti para Pejabat Utama Polres Jombang, Kapolsek jajaran dan Pengurus Bhayangkari Cabang Jombang.

Usai upacara, mereka mendapatkan ucapan selamat dari Kapolres yang diguyur dengan air kembang, menggunakan centong terbuat dari tempurung. Air guyuran disimpan dalam kendi besar.

Seluruh anggota yang naik pangkat sebanyak 46 orang tersebut mengambil posisi duduk berjongkok. Setelah itu, dilakukan prosesi penyiraman air menggunakan mobil water cannon diwarnai suasana riang gembira.

Tradisi disiram air dari Water Cannon itu memang rutin dilaksanakan kepada anggota anggota kepolisian setempat yang mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Kapolres Jombang, AKBP Moh Nurhidayat, mengatakan kenaikan pangkat anggota polri merupakan suatu proses penilaian dan penelitian secara berkelanjutan menyangkut moral, mental kepribadian maupun prestasi dalam pelaksanaan tugas.

“Hal ini merupakan anugerah dari Allah SWT yang patut anda syukuri karena melalui beberapa tahap yang sangat panjang sehingga saudara dapat meraih kesuksesan dan dapat mengabdi di institusi polri yang kita cintai ini,” katanya.

Dirinya secara pribadi sebagai pimpinan serta seluruh keluarga besar Polres Jombang, mengucapkan selamat kepada anggota yang melaksanakan kenaikan pangkat periode 1 Juli 2022 pangkat pengabdian, dan pangkat PNS periode 1 April 2022.

“Semoga kenaikan pangkat ini bermanfaat, menambah rasa bahagia pada diri saudara dan keluarga,” ujarnya.

Nurhidayat juga bangga kepada anggota yang meniti karir dan dedikasi serta sumbangsih kepada Polri lebih khususnya Polres Jombang hingga berhasil mendapat kenaikan pangkat.

Adapun para personel yang melaksanakan kenaikan pangkat yakni pangkat reguler 46 orang terdiri dari Aipda ke Aiptu 5 anggota, Bripka ke Aipda 22 anggota, Bripda ke Briptu 19 anggota.

Kemudian pangkat pengabdian 4 personel dari Iptu ke AKP 1 anggota, Aiptu ke Ipda 2 anggota, Aipda ke Aiptu 1 anggota. Lalu pangkat PNS 3 orang yakni penata ke penata 1 orang dan pengatur ke penda 2 orang.

Lebih lanjut Nurhidayat berharap anugerah yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa melalui pimpinan Polri hendaknya disyukuri dan harus dipedomani anggota lainnya.

“Bahwa, anggota Polri yang diusulkan untuk mendapat kenaikan pangkat tidaklah mudah, harus memenuhi berbagai persyaratan dan tidak membuka peluang dispensasi bagi yang pernah melakukan tindakan melanggar disiplin,” ujarnya.

Pemberian pangkat adalah tanggung jawab pimpinan. Diharapkan dapat memotivasi seluruh personel Polri, Perwira dan Bintara serta PNS Polri Polres Jombang lainnya dalam meningkatkan peran pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.