Kasus PMK Hewan Ternak di Jombang 7.498 Ekor, 199 Potong Paksa

Jombang, Jurnal Jatim РInfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur meluas. Upaya pengendalian penyebaran terus dilakukan dengan pemberian vaksin.

Data terbaru dari gugus tugas penanganan PMK Kabupaten Jombang yang diunggah oleh Bupati Mundjidah Wahab pada akun instagram @mundjidahwahab menyebutkan jumlah kasus 7.498 ekor.

Data itu tercatat per Kamis (28/7/2022). Dari jumlah kasus itu, 6.227 ekor di antaranya telah sembuh dari infeksi PMK.

Sedangkan 919 ekor masih sakit dan 199 ekor telah dilakukan penyembelihan (potong) paksa. Kemudian 152 ekor sapi mati serta 2.956 ekor sudah mendapatkan vaksin.

Data gugus tugas itu hasil akumulasi sejak wabah PMK muncul 5 Juni 2022 lalu hingga sekarang ini. Gugus tugas terus melakukan penanganan di antaranya dengan pemberian obat dan vaksin PMK.

Bupati Mundjidah Wahab menyampaikan, percepatan penyuntikan vaksin pada hewan ternak terus digenjot dengan target sebanyak 7000 ekor.

“Alhamdulillah. Pemerintah Kabupaten Jombang terus menggencarkan dan mempercepat perluasan proses vaksin PMK dengan target 7000 ekor,” tulis Mundjidah pada akun instagram yang dikelolanya, Sabtu (30/7/2022).

Menurut Mundjidah Wahab, sampai saat ini sebanyak 2.959 ekor sapi sudah divaksin PMK, untuk sisanya segera dirampungkan.

“Dari total jumlah kasus sapi PMK di Kabupaten Jombang sebanyak 7.498 ekor dan yang sudah divaksin sebanyak 2.959 ekor, kami berharap agar secepatnya segera dirampungkan untuk sisanya,” ujarnya.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jombang itu mengajak masyarakat untuk terus menjaga kesehatan dengan cara teliti membeli daging untuk konsumsi.

“Mari terus jaga kesehatan dan tetap teliti dalam memilih daging olahan untuk menu masakan keluarga di rumah. Semoga kesehatan selalu tercurah untuk kita semua, aamiin,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta Twitter Jurnaljatim.com.