oleh

Begini Perjalanan Motivator Muda Berlatarbelakang Santri Asal Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Berawal dari memberikan motivasi pelajar SLTA, kini M Aqil Baihaqi, pria asal Jombang, Jawa Timur menjadi seorang motivator sukses hingga melanglang buana di nusantara.

M Aqil Baihaqi dikenal sebagai motivator muda di Indonesia dari background santri. Ia cukup berpengalaman memberikan inspirasi dan motivasi di berbagai kota di Indonesia.

Bahkan, pria yang berusia 27 tahun ini juga seringkali memberikan inspirasi dan motivasi di berbagai perusahaan nasional dan lembaga kementerian.

M Aqil Baihaqi lahir di Jombang 1995 silam. Ia lahir dari keluarga yang kental dengan agama. Putra ketiga dari pasangan KH Moch Ishom Achmadi dan Nur Azizah ini sejak kecil di lingkungan pondok pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Kabupaten Jombang.

Didikan agama didapatkan dari kedua orang tuanya yang kemudian memperdalam ilmu agama di Ponpes Bahrul Ulum.

Ayahnya yang merupakan mubalig terus membimbingnya agar berani berbicara di depan orang banyak. Didikan itu lah kini menjadikan dirinya seorang motivator hebat.

Diceritakannya, kali pertamanya menerima kepercayaan memberi motivasi untuk para pelajar tingkat SLTA di gedung Pemkab Jombang. Padahal saat itu ia masih kelas 3 madrasah aliyah.

Kemampuan terus dikembangkan hingga masuk di bangku kuliah. Saat itu, Baihaqi aktif memberikan motivasi di corporate atau perkumpulan perusahaan-perusahaan.

Sebagai motivator, materi yang ditampilkan beda dengan motivator lainnya. Salah satu materinya yakni Mind Heart Management, mengusung konsep dakwah di dalamnya.

Ia meyakini, dalam meraih kebahagiaan hidup dan ketenangan jiwa tidak hanya melibatkan aspek mind atau pikiran, melainkan juga melibatkan heart (hati).

Penelusuran website pribadinya, ia memulai menjadi motivator usia 19 tahun. Kompetensi yang dikuasainya sejak kuliah yang didapat dari berbagai pelatihan pemberdayaan diri dan bersertifikasi membuatnya semakin hebat.

Ditambah kemampuannya pada bidang Mind Technology, Baihaqi kerap diundang diberbagai perusahaan level nasional, BUMN, dan Kementerian Republik Indonesia.

Menurutnya, motivator merupakan profesi yang sama halnya dengan para pendakwah. Baginya motivator adalah jalan dakwahnya.

“Karena dengan menjadi seorang motivator dapat memberikan sentuhan-sentuhan spiritual diberbagai perusahaan, instansi, dan lembaga pemerintah,” katanya, Sabtu (10/7/2022).

Ia menyebut, sangat jarang dai bisa dengan mudah masuk di korporasi, terkecuali saat hari-hari besar Islam.

“Di sinilah kesempatan bagi seorang motivator untuk masuk sebagai ranah dakwahnya yang dikemas dengan cara-cara profesional, modern, dan mudah dipahami setiap orang yang mendengarnya,” ujarnya.

Untuk menunjang profesinya dan tujuan dakwahnya, ia mendirikan perusahaan PT Hafara Aqiba Nusantara yang bergerak di bidang peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) berupa training, coaching, consulting, dan motivating.

Baihaqi juga menulis beberapa buku. Di antaranya Not Zero but Hero, One to Nine (Kisah Inspiratif sang Motivator ), The Secrets of Life Transformation with NLP (cara mengubah kebiasaan buruk, meningkatan potensi, komunikasi dan persuasi), dan Make Your Success Easily (strategi ampuh dalam mewujudkan kesuksesan).

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.