Zaskia, Siswa MAN 9 Jombang Lolos KSN Provinsi Mapel Astronomi

Jombang, – Prestasi ditorehkan MAN 9 Jombang, Jawa Timur. Adalah Zaskia Ika Maghfiroh berhasil lolos kompetisi sains (KSN) provinsi mata pelajaran (Mapel) Astronomi.

Zaskia Ika Maghfirah berhasil lolos ke tahap provinsi setelah sukses menjuarai KSN jenjang SMA/MA tingkat Kabupaten yang diselenggarakan pada 24-25 Mei 2022 lalu.

Siswi asal Desa Tengaran, Peterongan, Jombang itu tidak menyangka jika berhasil lolos berada di urutan kedua di antara deretan peserta KSN tingkat SMA/MA.

“Rutinitas dan menghargai waktu, mengikuti aturan pada saat ujian terutama poin- poin salah benar sehingga harus benar benar teliti dalam menjawab soal,” ungkap gadis berusia 16 tahun, Minggu (26/6/2022).

Hal itulah yang menjadikan pelajar memiliki hobi baca novel fiksi itu dapat meraih juara KSN Kabupaten dan bersiap untuk melaju ke KSN tingkat Provinsi.

Zaskia mengucapkan terima kasih kepada pembimbingnya Yulianik juga kepala MAN 9 Jombang serta para yang selama ini sudah memberikan dukungan kepadanya.

“Semoga di KSN Provinsi nanti bisa menjadi Juara dan membanggakan MAN 9 Jombang. Madrasah Mandiri Berprestasi,” ujar Zaskia.

Situs resmi milik Madrasah Aliyah Negeri 9 Jombang menyebutkan Zaskia adalah pertama pasangan Moh. Khoirul Huda dan Wachidah. Gadis cerdas itu lahir di Jombang 10 Juni 2006 dan sekarang berusia 16 tahun.

Awalnya, ia menempuh di SDN Tengaran 2 Peterongan. Setelah itu Zaskia melanjutkan pendidikannya di 2 Peterongan. Tiga tahun pendidikan tingkat pertama dijalaninya dan dengan nilai sangat memuaskan.

Zaskia kemudian melanjutkan pendidikan di MAN 9 Jombang. Kesukaannya terhadap ilmu astronomi sudah sejak lama. Ia selalu belajar banyak hal tentang ilmu itu dan bahkan kelak bercita-cita menjadi seorang astronom.

Zaskia Ika Maghfirah dikenal sebagai seorang siswa yang rendah hati (humble), ramah, dan berprestasi. Karakter unggul pada dirinya itu sepatutnya dapat dicontoh kalangan siswa di masa kini.

Motto esok harus lebih baik dari hari ini, dan hari ini harus lebih baik dari kemarin selalu membuatnya tak kenal lelah untuk menggali ilmu-ilmu astronomi. (WEB).

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.