oleh

Wanita Berusia 18 Tahun Jadi Calon Haji Termuda di Jombang Tahun Ini

Jombang, Jurnal Jatim Wanita bernama Farah Salsabila Ramadani Putri menjadi jemaah calon haji termuda Jombang, Jawa Timur yang berangkat menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi tahun 1443 H/2022 ini.

Kepala Kemenag Jombang, Taufiqurrohman menyampaikan jemaah haji termuda Farah Salsabila Ramadani Putri kelahiran Jombang, 21 November 2003 berusia 18 tahun. Farah beralamat di Kelurahan Jombatan, Jombang.

“Sedangkan jemaah tertua adalah Sochim, kelahiran Jombang 1 Juli 1957, berusia 64 tahun asal desa Kesamben, Kecamatan Kesamben, Jombang,” kata Taufiqurrohman dalam laporannya menjelang keberangkatan jemaah calon haji Kloter 33 dan 35 Jombang, Selasa (14/6/2023).

Taufiqurrohman menyampaikan jumlah jemaah calon haji kabupaten Jombang pada musim haji 2022 adalah 475 orang. Rincinya 6 orang jemaah calon haji masuk kloter 5 yang diberangkatkan Bupati Jombang pada 6 Juni lalu.

Kemudian 27 jemaah masuk kloter 33 yang dijadwalkan berangkat pada 27 Juni. Berikutnya 443 orang jemaah masuk kloter 35 berangkat pada 29 Juni nanti.

Selanjutnya 1 orang petugas pemandu haji, 1 orang petugas pembimbing ibadah haji, 2 orang petugas haji daerah, dan 2 orang petugas kesehatan haji.

“Berkaitan Persiapan, Alhamdulillah Jemaah haji telah diberikan pembimbingan manasik sebanyak 6 kali, 2 kali diberikan bimbingan di tingkat kabupaten, 4 kali diberikan manasik di tingkat kecamatan,” ujarnya.

Bupati Mundjidah Wahab menyampaikan rasa syukur sekaligus bangga karena bisa memberangkatkan jemaah haji di tahun 2022 ini setelah dua tahun sebelumnya tidak bisa memberangkatkan akibat COVID-19.

Panjenengan (anda) termasuk manusia pilihan, manusia yang berbahagia, panjenengan beruntung saget ditimbali dining (dipanggil) Allah SWT untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima yakni ibadah haji,” kata Mundjidah dihadapan calon jemaah haji Jombang yang akan berangkat pada Kloter 33 dan 35 dari Pendopo Kabupaten saat itu.

Mundjidah juga meminta seluruh jemaah calon haji untuk menjaga kesehatan dan tetap menjaga protokol kesehatan. Selain itu ia juga menyarankan para jemaah untuk melatih fisik berjalan kaki usai salat subuh tiap pagi mengingat ibadah haji adalah ibadah fisik, sehingga saat pelaksanaan ibadah haji bisa menjalani dengan baik.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.