oleh

Poster Terpasang Sembarangan pada Tiang PJU di Jombang, Mengganggu!

Jombang, Jurnal Jatim Dinas perhubungan Jombang, Jawa Timur melalui staf Bidang Penerangan Jalan Umum Kaleb, menegaskan keberadaan poster terpasang sembarangan di tiang lampu lalu lintas dan penerangan jalan umum terkesan mengganggu.

“Tidak boleh atau dilarang saya tidak tahu, belum pernah mendengar aturan bahwa boleh atau diperkenankan, tapi memang mengganggu,” kata Kaleb di Kantor Bidang PJU Dishub Jombang, (27/6/2022).

Ia menuturkan, keberadaan poster di daerah Jombang sebelah timur tidak terlalu banyak, hanya ada satu, dua di tiang-tiang PLN, dan kalau di tiang PJU terlalu kecil, seperti yang ditempel pakai lem, iklan sedot wc, dan lain-lain.

“Yang kecil-kecil gak enak dilihat kok,” terang Kaleb.

Konfirmasi kepada kepala Dishub, Hartono dan Kepala Bidang PJU Dishub Jombang, Sugeng pada pukul 10.30 WIB belum bisa dilakukan. Kedua pimpinan itu sedang tidak ada di kantor karena agenda rapat dan urusan keluar.

Sebelumnya, pemasangan poster produk terpasang sembarangan di Jombang menjadi sorotan warga. Kondisi itu membuat kesan tak teratur dan sembarangan.

“Ya itu ngawur pasang iklan, sembarangan,” ungkap Gothy Mustakim (39) warga Desa Keras saat melintas di jalan Raya Diwek, Selasa (21/6/2022).

Poster iklan produk terpasang di tiang lampu lalu lintas, bahkan beberapa diantaranya terpasang di pohon. Hal itu membuat promosi usaha dengan menggunakan media poster di Jombang nampak sembarangan.

“Bila perlu ditertibkan mas,” ungkap wakil Karang Taruna Kecamatan Diwek tersebut.

Salah satu titik pemasangan poster ada di tiang lampu merah pertigaan jalan raya Diwek ke arah Jalan Jatipelem – Diwek. Tidak hanya itu kalau naik sepeda motor arah ke kota Jombang dari arah Kecamatan Diwek, poster iklan dari berbagai produk tampak terpasang di kanan kiri jalan.

Berkembangnya kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memberikan dampak menjamurnya kegiatan promosi produk.

Tapi jika tidak dibarengi dengan penataan kegiatan promosi produk dengan baik, justru akan membuat hilang keindahan dan ketertiban kota.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.