oleh

Kiai Nashir dan Gus Salman Kembali Pimpin PCNU Jombang

Jombang, Jurnal Jatim Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur telah menggelar konferensi cabang (Konfercab) di Gedung Serbaguna PCNU Jombang, tadi malam, Minggu (5/6/2022).

Hasil dari konfercab memutuskan KH Abdul Nashir Fatah sebagai Rois Syuriah setelah melalui pemilihan secara Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa) oleh para kiai di Jombang.

Sedangkan untuk posisi Ketua Tanfidziyah PCNU pada periode 2022-2027 ditempati oleh KH Salmanudin Yazid atau Gus Salman.

Proses pemilihan ketua PC NU Jombang pada periode 2022-2027 berbeda dengan periode sebelumnya. Jika periode sebelumnya dipilih secara langsung oleh peserta Konfercab NU yang terdiri dari Pengurus MWCNU dan Pengurus Ranting NU. Namun, pemilihan periode kali ini berdasarkan musyawarah mufakat

Awalnya, peserta Konfercab terlebih dahulu memilih anggota Ahwa untuk menetapkan Rais Syuriyah. Rapat Ahwa menyepakati KH Nashir sebagai Rais Syuriah PCNU Jombang.

Setelah itu dilakukan proses pemilihan Ketua Tanfidziyah PCNU Jombang. Proses diawali dengan usulan bakal calon dari peserta sidang pleno. Selanjutnya, sidang menyepakati para calon untuk dipilih.

Dalam proses itu muncul 3 orang calon yang akan dipilih menjadi ketua PCNU Jombang, yaitu Gus Salman, Kiai Ahmad Samsul Rizal dan yang terakhir KH Azam Chairuman Najib atau Gus Heru

Mereka bertiga dimintai kesanggupan untuk menjadi Ketua PCNU Jombang. Dari ketiganya, Gus Heru menyatakan tidak siap dan mengundurkan diri. Hingga menyisakan Gus Salman dan Kiai Samsul Rizal.

Sesuai mekanisme tata tertib persidangan yang telah disetujui oleh peserta Konfercab, proses selanjutnya yakni pimpinan sidang M Qoderi dari PWNU Jawa Timur meminta persetujuan Kiai Nashir sebagai Rais Syuriah terpilih untuk memilih dua calon tersebut.

Kiai Nashir menyampaikan kepada pimpinan sidang bahwa yang dipilih sebagai Ketua PCNU Jombang adalah Gus Salman.  Pimpinan sidang lalu menanyakan ke peserta sidang dan semua peserta sidang menyetujui alias mufakat.

Setelah disetujui peserta sidang, pimpinan sidang kemudian menetapkan Gus Salman sebagai ketua terpilih untuk masa khidmat 2022-2027.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pimpinan sidang menetapkan KH Salmanuddin Yazid sebagai ketua terpilih pada Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Jombang masa khidmat 2022-2027,” ucap M Qoderi Wakil Ketua PWNU Jatim yang dilanjutkan dengan mengetuk palu tiga kali.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.