oleh

Jombang Teken MoU Replikasi Pelayanan Publik Sukma e-Jatim

Jombang, Jurnal Jatim – Memorandum of understanding atau MoU inovasi pelayanan publik survei kepuasan masyarakat elektronik Jawa Timur (SuKMa-e Jatim) antara Pemkab Jombang dan Pemprov Jatim telah ditandatangani, Kamis (23/6/2022).

Penandatanganan Inovasi SuKMa-e Jatim antara Bupati Jombang Mundjidah Wahab dengan kepala biro organisasi sekretariat daerah Provinsi Jawa Timur Ramliyanto dilakukan di Pendopo Kabupaten setempat.

Setelah diteken, komitmen replikasi inovasi pelayanan publik Sukma elektronik Jatim itu, Pemerintah Kabupaten Jombang akan segera mengimplementasikan ke seluruh perangkat daerah dan unit pelayanan publik.

Mundjidah Wahab menyampaikan replikasi inovasi itu merupakan salah satu bentuk perwujudan dan komitmen pemerintah dalam rangka upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sebagai birokrasi yang melayani, pemerintah harus kreatif dalam mengelola keluhan dan pengaduan masyarakat. Selain itu juga selalu berinovasi, memunculkan ide-ide, gagasan baru guna meningkatkan kualitas pelayanan.

“Agar dapat memenuhi tuntutan masyarakat sehingga tercipta pelayanan publik yang semakin baik dan berkelanjutan,” katanya.

Melalui pemanfaatan aplikasi Sukma e-Jatim yang telah direplikasi, pelayanan perangkat daerah lingkup Pemkab Jombang dapat langsung dipantau oleh masyarakat. Artinya masyarakat pemanfaat layanan cukup akses melalui ponsel dan dapat secara langsung memberikan penilaian, kritik dan saran atas pelayanan yang diberikan perangkat daerah.

Karena itu, ia menyebut, keberadaan aplikasi Sukma e-Jatim memberikan manfaat bagi penyelenggaraan pada pemerintahannya. Nantinya hasil survei kepuasan masyarakat tersebut dapat memicu semangat setiap perangkat daerah agar dapat membenahi dan meningkatkan kinerja untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih berkualitas kepada masyarakat.

“Kepada Kepala Perangkat Daerah, saya minta untuk memotivasi penerapan Aplikasi Sukma E Jatim itu yang nantinya akan dilaksanakan di perangkat daerah masing-masing,” katanya.

“Saya mengharapkan kinerja pelayanan publik di Kabupaten Jombang semakin baik sehingga tingkat kepuasan masyarakat juga akan meningkat,” sambungnya.

Ia juga berpesan agar dalam melaksanakan pelayanan publik, setiap ASN harus selalu melakukan perbaikan tiada henti, baik dari sisi peningkatan kompetensi SDM maupun cara pelayanan sebagaimana Employer Branding ASN yakni bangga melayani bangsa.

“Marilah selalu kita berikan pelayanan yang prima dan berkualitas kepada masyarakat agar mereka bangga menjadi bagian dari keluarga besar Pemkab Jombang. Jika masyarakat puas dengan pelayanan, itu merupakan salah satu indikasi keberhasilan Pemkab Jombang mewujudkan visi Jombang Yang Berkarakter dan Berdaya Saing,” kata Mundjidah memungkasi.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com