oleh

Gedung Baru Unwaha Jombang 4 Lantai Diresmikan Wapres Ma’ruf Amin

Jombang, Jurnal Jatim Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja di Jombang, Jawa Timur, salah satu agendanya meresmikan gedung Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah (Unwaha), Sabtu (4/6/2022).

Gedung yang diresmikan itu mulai dibangun 2020 lalu dengan memiliki empat lantai yang difungsikan untuk aktivitas perkuliahan dan kantor administrasi kampus.

Wapres Ma’ruf Amin mengucapkan selamat atas selesainya gedung baru Unwaha yang berada di lingkungan pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridai semua ikhtiar yang dilakukan,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Gedung Baru Unwaha Jombang 4 Lantai Diresmikan Wapres Ma'ruf Amin

Berdirinya lembaga pendidikan Unwaha tidak lepas dari KH Abdul Wahab Hasbullah yang merupakan pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama (NU) . Pada kesempatan itu, Ma’ruf Amin juga mengulas pemikiran dan perjuangan Kiai Abdul Wahab Hasbullah pada masanya.

Dikatakan Ma’ruf Amin bahwa, tantangan yang dihadapi institusi pendidikan saat ini dan ke depan tidaklah mudah, tak terkecuali Unwaha yang menetapkan visinya menjadi institusi pendidikan tinggi berstandar internasional.

Berperan aktif dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pengelolaan Sumber Daya Alam dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

“Namun saya optimis dengan bekal semangat kemauan tinggi, Unwaha akan mampu mewujudkan cita-citanya,” kata Wapres.

Salah satu kuncinya, Unwaha harus mampu menghadirkan ekosistem pendidikan yang membuat gagasan-gagasan kreatif dan inovatif. Baik dari dosen maupun mahasiswa dapat terus berkembang secara produktif.

Begitupula kolaborasi sains dan teknologi harus diperluas dengan menggandeng berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah, industri lembaga reset, maupun lembaga terkait lainnya.

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi mutlak dibutuhkan tapi jangan sampai tidak diimbangi dengan kekuasaan iman dan takwa

“Tapi, penguasaan iman dan takwa itu pasti karena Unwaha berada di lingkungan pesantren,” ujarnya.

Selain memang dituntut untuk melahirkan paham masalah-masalah agama, Unwaha harus melahirkan yang memakmurkan bumi. Untuk bisa memakmurkan bumi, harus melihat perkembangan melalui kunci-kunci kemakmuran.

“Kunci utamanya kemakmuran bumi adalah SDM yang memiliki teknologi bidang ilmu pengetahuan,” katanya.

Ma’ruf Amin mengaku bangga dan gembira bahwa Unwaha tidak hanya fakultas agama Islam, tapi juga fakultas pengetahuan lain seperti fakultas pertanian, ekonomi dan lainnya yang tentunya mengembangkan ilmu pengetahuan untuk kemajuan bangsa ini.

Oleh karena itu, Ma’ruf Amin berpesan dan berharap agar perguruan tinggi swasta di Kabupaten Jombang itu turut berperan aktif dalam mencerdaskan manusia Indonesia seutuhnya, dengan menanamkan karakter Islami pada saat yang sama menguasai Iptek, multimedia menuju kemaslahatan dan kemajuan bangsa.

“Unwaha berperan turut serta memajukan Indonesia sebagai institusi pendidikan Islam yang moderat dan toleran dengan mencetak insan teladan bagi generasi muslim global yakni generasi muda yang tidak hanya cakap secara akademisi tapi juga mampu menebarkan toleransi dan berperan aktif dalam kehidupan sosial,” katanya

Dengan demikian generasi yang akan datang adalah generasi yang selain memiliki pengetahuan tinggi lewat daya saing yang kita bangun melalui pendidikan sains, tetapi juga memilik semangat keislaman yang tinggi juga semangat kebangsaan.

Ketua umum yayasan pendidikan tinggi Bahrul Ulum, Hj Hizbiyah Rochim menambahkan Gedung itu digunakan untuk aktifitas kampus, mulai ruang kuliah hingga kantor kampus.

“Saat ini jumlah mahasiswa ada 6000 orang lebih dan itu belum mahasiswa baru. Untuk mahasiswa pasca sarjana masih belum dan sedang proses,” katanya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram serta twitter Jurnaljatim.com.