oleh

Peziarah di Jombang Sempat Teriak Tolong Sebelum Meninggal di Musala

Jombang, Jurnal Jatim – Sesosok pria paruh baya ditemukan meninggal dunia di musala area makam Sayyid Sulaiman, Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur pada Jumat pagi (27/5/2022).

Pria yang meninggal mendadak mengejutkan peziarah lain diketahui bernama Muhammad Fauzi (55) warga Kelurahan Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.

Menurut keterangan warga sekitar, sebelum ditemukan tewas, Fauzi sempat terlihat muntah di samping musala. Tak berselang lama, Fauzi diketahui sudah tak bernyawa di lantai teras musala sebelah utara.

Petugas kebersihan makam Sayyid Sulaiman, Yoyok (40) mengatakan korban juga sempat meminta tolong atas keluhan yang dirasakan pada dirinya saat menjelang subuh.

“Tadinya tidur di dalam musala terus keluar, habis itu muntah, tidur di bawah (lantai teras).Terakhir minta tolong gak ada yang menolong terus meninggal,” katanya kepada wartawan di lokasi kejadian.

Yoyok mengaku tidak tahu secara pasti detik-detik Fauzi meregang nyawa. Yoyok hanya tahu pria itu sudah tidak bergerak saat tidur di teras musala.

Sepengetahuannya Yoyok, Fauzi merupakan salah satu peziarah yang sering berkunjung ke makam Sayyid Sulaiman. Rupanya, ziarah kali ini adalah kunjungannya yang terakhir.

“Pas tahu tiba-tiba gak gerak, tahunya sudah meninggal. Orangnya biasa ke sini memang untuk ziarah,” kata Yoyok.

Kepala Desa Mancilan, Atim Riduwan juga menyebut kalau korban kerap datang  ke Desa Mancilan untuk ziarah makam Sayyid Sulaiman. “Kami pantau setiap malam Jumat sering ke sini,” katanya.

Atim mengaku mengetahui Fauzi meninggal setelah menerima laporan dari pengurus musala. Korban diperkirakan meninggal dunia selepas subuh sekitar jam 04.00 WIB.

Sebelumnya korban berada di dalam musala. Ketika mau muntah-muntah, Fauzi bergeser ke teras. Tak lama berselang, Fauzi diketahui sudah meninggal dunia.

“Saat itu korban gak berdaya, ditegur sama pengurus musala (ternyata) sudah meninggal,” katanya.

“Insyaallah meninggalnya dari faktor cuaca atau riwayat penyakit. Tidak ada tanda hal-hal yang tidak dinginkan, Insyaallah wajar-wajar saja,” sambungnya.

Kejadian itu dilaporkan ke Polsek setempat. Tak berselang lama, polisi datang ke lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara dan menggali keterangan sejumlah saksi.

Di lokasi, polisi juga mengamankan tas berisi dompet dan identitas korban, handphone, uang korban. “Ada berupa KTP, tas isinya dokumen lain,” kata Atim Riduwan.

Jenazah Fauzi kemudian dievakuasi ke Pusat Kesehatan Umum (PKU) Muhammadiyah Mojoagung untuk dilakukan pemeriksaan luar atau visum.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com.