oleh

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadan 2022 di Kabupaten Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Umat islam di Jombang, Jawa Timur dapat melihat waktu salat, sahur, dan berbuka selama Ramadan 2022 melalui jadwal imsakiyah Kementerian Agama (Kemenag). Jadwal imsakiyah itu dirilis melalui laman resmi Kemenag wilayah Jawa Timur.

Jadwal imsakiyah tersebut berfungsi sebagai penunjuk waktu salat wajib, salat sunah, sahur, dan berbuka puasa. Jadwal itu dirancang agar umat Islam di Indonesia bisa menjalankan ibadah di bulan Ramadhan secara maksimal.

Berikut ini merupakan jadwal imsakiyah untuk wilayah Kabupaten Jombang selama bulan Ramadan 1443 Hijriah yang dirilis di laman resmi Kemenag Wilayah Jawa Timur.

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadan 2022 di Kabupaten Jombang

Diketahui, Puasa Ramadan 1443 H jatuh pada April 2022. Berdasar sidang isbat yang digelar pemerintah melalui Kementerian Agama pada Jumat (3/4/2022), 1 Ramadan 1443 atau awal bulan puasa dimulai Minggu, 3 April 2022.

Sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag) bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam dipimipin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Dari 101 titik, semua melaporkan tidak melihat hilal. Berdasarkan hasil hisab dan laporan rukyatul hilal, secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadan jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022 Masehi,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Niat puasa ramadhan

Sementara itu, Umat Islam yang hendak menjalankan ibadah puasa Ramadan 2022 diwajibkan untuk berniat menjalankan puasa Ramadhan pada malam hari.

Waktu niat puasa Ramadan ialah mulai dari selepas maghrib sampai fajar terbit. Niat puasa Ramadan 2022 wajib diutarakan di dalam hati, sementara mengucapkan lafal niat puasa hukumnya sunnah.

Berikut ini bacaan niat puasa Ramadhan dalam bahasa arab, tulisan latin, dan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma ghadin an’adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita’ala.

Artinya: “Saya berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.”

Sementara itu, umat Islam yang hendak melaksanakan ibadah puasa Ramadhan juga disunnahkan untuk makan sahur, terutama pada waktu mendekati imsak.

Adapun bacaan doa sahur dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya sebagai berikut:

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Bacaan latinnya: Yarhamullâhul mutasahhirîn.

Artinya: “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.”

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.