oleh

Bupati Jombang Mundjidah Wahab Buka Musrenbang RKPD 2023

Jombang, Jurnal Jatim – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab membuka kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tahun 2022 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023. Musrenbang dilaksanakan di ruang Bung Tomo, Kantor Pemkab setempat dengan menerapkan protocol kesehatan dan disiarkan live streaming di YouTube Channel.

Musrenbang Kabupaten Jombang 2022 merupakan rangkaian akhir dari proses dan tahapan penyusunan Rencana Pembangunan Daerah tahun 2023 yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu Musrenbang di tingkat Desa, tingkat Kecamatan, Forum Perangkat Daerah dan Forum Gabungan Perangkat Daerah.

Bupati mengatakan Musrenbang tahun ini memiliki makna yang sangat strategis. Sebab, 2023 merupakan tahun kelima atau tahun terakhir kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Sumrambah dalam perubahan RPJMD Kabupaten Jombang 2018-2023.

Ia mengatakan, arah kebijakan dan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan diupayakan dapat diwujudkan sampai dengan akhir tahapan perubahan RPJMD Jombang 2023. Tingkat keberhasilan program RPJMD sangat tergantung pada perangkat daerah. Untuk itu, Perangkat Daerah harus konsisten dengan target capaian kinerja dan sasaran pembangunan yang ingin dicapai.

“Saya berharap semangat serta inovasi kita dalam proses pembahasan Musrenbang harus lebih baik, sehingga dapat menghasilkan RKPD tahun 2023 yang lebih baik dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Jombang secara luas,” katanya.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab Buka Musrenbang RKPD 2023

Menurutnya, banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran pada tahun 2021 dan 2022, anggaran APBD yang masih diarahkan untuk penanganan kesehatan akibat COVID-19 dan percepatan pemulihan ekonomi. Oleh karenanya, terobosan-terobosan pada sektor pelayanan publik terus dilakukan, yakni dengan upaya digitalisasi proses pelayanan publik sampai tingkat desa, dengan didukung fitur-fitur berbasis android yang mengarah kepada smart city dan smart village.

Dikatakan Mundjidah, pembangunan di bidang infrastruktur juga memerlukan perhatian khusus peningkatan jalan ke pusat-pusat sentra ekonomi dan wisata, upaya penerapan inovasi guna peningkatan produk unggulan daerah, produktivitas serta nilai tambah sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

“Pemerintah Kabupaten Jombang tetap berkomitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam pemantapan di sektor kesehatan dan percepatan peningkatan ekonomi, yang berdampak cukup signifikan terhadap capaian indikator makro daerah,” ujarnya.

Bupati menambahkan, beberapa capaian indikator makro Kabupaten Jombang tahun 2021 mengalami perkembangan yang cukup positif dengan berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi, antara lain pertumbuhan ekonomi Kabupaten Jombang 2020 terkontraksi sebesar -1,98 persen dan 2021 meningkat sebesar 3,24 persen.Namun, angka tersebut masih lebih rendah dibanding dengan angka pertumbuhan ekonomi Jawa Timur tahun 2021 sebesar 3,54 persen.

Pada tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan sebesar 0,39 point, dari tahun 2020 sebesar 7,48 persen menjadi sebesar 7,09 persen pada tahun 2021. Sedangkan angka kemiskinan mengalami kenaikan sebesar 0,52 persen yakni pada 2020 sebesar 9,48 persen menjadi sebesar 10 persen pada 2021.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2021 sebesar 73,48 persen atau meningkat 0,48 poin dibanding 2020 sebesar 72,97 persen dengan status tinggi. Capaian itu masih lebih tinggi dibanding capaian IPM Provinsi Jawa Timur 2021 sebesar 72,29 persen,” ujarnya.

Hadir pada Musrenbang tersebut di antaranya Ketua DPRD Jombang, Forkompimda, Ketua Tim Penggerak PKK, Pimpinan Instansi Vertikal dan BUMN; Perwakilan dari Bappeda Provinsi Jawa Timur, yakni Kepala Bakorwil Bojonegoro (Agung Subagyo, S.STP., MSi); Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala Bappeda Jombang Danang Praptoko, Kepala OPD, dan Direktur BUMD; Camat se Jombang; Rektor Perguruan Tinggi, Pimpinan dunia usaha, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan LSM, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, organisasi perempuan, juga pers.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.