oleh

Vaksinasi Anak di Jombang Pada Periode Pertama Sasar Lembaga Pendidikan

Jombang, Jurnal Jatim – Vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun pada periode pertama sudah mulai diterapkan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur dengan sasaran utama pada lembaga pendidikan wilayah setempat.

Di antaranya di lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) As-Syafi’iyah Desa Tejo, Kecamatan Mojoagung, Jombang. Ratusan siswa dan siswi di madrasah tersebut antusias mengikuti vaksinasi jenis sinovac yang melibatkan vaksinator dari puskesmas setempat.

Kepala MI As-Syafi’iyah, Syamsul Arif, Minggu (19/12/2021), mengungkapkan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun itu sebelumnya sudah disosialisasikan serta dikoordinasikan dengan wali murid.

“Kalau persetujuan dari wali murid, Alhamdulillah sangat antusias daripada sebelumnya. Akan tetapi masih ada beberapa murid yang belum bisa divaksin, ada yang izin karena sakit dan mempunyai penyakit,” katanya.

Menurut dia, terdapat 198 murid yang melakukan vaksinasi. Sedangkan untuk murid yang belum tervaksin, pihak madrasah akan mendata dan melakukan koordinasi dengan puskesmas setempat agar melakukan vaksinasi COVID-19 tahap berikutnya.

“Dari 218 siswa, terdapat 198 yang sudah tervaksin. Vaksinasi ini terus berlanjut, tadi informasinya pada tanggal 13 Januari 2022 mendatang akan dilakukan vaksinasi untuk usia 6-11 tahun tahap keduanya,” katanya.

Syamsul berharap vaksinasi itu dapat mencegah penyebaran COVID-19 pada anak-anak yang mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muda di lingkungan madrasah setempat.

“Harapannya semoga, para siswa siswi kami ini akan kebal dari penyebaran virus korona ini. Dan sudah kami beri arahan juga, agar mereka tidak keluar daerah di hari menjelang tahun baru nanti,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta vaksin COVID-19, Novan Nara Hafidzudin mengaku sempat merasa takut untuk melakukan vaksinasi COVID-19 itu.

“Takut, karena tidak pernah suntik vaksin. Tapi setelah disuntik tidak terlalu sakit, hanya seperti digigit semut saja,” ujar Novan

Berdasarkan informasi, Vaksinasi COVID-19 pada anak usia 6-11 tahun itu tidak menjadi persyaratan pembelajaran tatap muka.

Plaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11, dilakukan dengan sosialisasi dan koordinasi jajaran internal dan lintas sektor, pencatatan hasil layanan dalam aplikasi Pcare Vaksinasi (dalam kategori anak).

Peserta vaksinasi harus membawa kartu keluarga atau dokumen yang cantumkan NIK anak, serta mengintegrasikannya dengan kegiatan imunisasi rutin dan atau tambahan pemetaan SDM.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel