oleh

Pelukis Jombang Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru dengan Jual Lukisan

Jombang, Jurnal Jatim – Pelukis asal Jombang, Jawa Timur, Lukmanul Hakim (49) menjual karya lukisnya dan dana hasil penjualannya didonasikan untuk membantu warga terdampak bencana letusan gunung semeru di Lumajang.

Ada enam lukisan dengan dua tema yang dilelang untuk umum. Yaitu lima lukisan bertajuk Metamorfosa Ludruk yang dibuatnya tahun 2019 lalu. Dan lukisan bertajuk Hadrah yang dibuat tahun 2018 silam.

“Dua tema lukisan yang saya jual untuk membantu korban erupsi semeru, yakni lima lukisan satu rangkaian dalam satu judul metamorfosa ludruk dan lukisan hadrah. Jumlahnya ada enam lukisan,” kata pelukis warga Tanggungan, Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Jombang, Rabu (8/12/2021).

Dua tema lukisan itu ditawarkan dengan harga berbeda. Lukisan metamorfosa ludruk yang pernah dipamerkan di Balai Budaya Jakarta ditawarkan Rp 10 juta.

Sedang lukisan Hadrah yang notabene adalah kesenian religi dari Jombang ditawarkan sekitar Rp5 juta. Kendati begitu, Lukman menyebut harga yang tawarkan itu tidak paten, menyesuaikan kemampuan pembeli.

“Hasil penjualan dari semua lukisan itu akan saya sumbangkan 100 persen untuk korban erupsi gunung Semeru,” kata seniman lukis berambut gondrong itu.

Lukman mengaku, sebagai seniman juga makhluk sosial, terenyuh dengan yang dialami para korban bencana letusan Gunung Semeru di Lumajang. Lukman pun tergerak hatinya untuk membantu mereka dengan cara menjual lukisannya dan dana hasil penjualan didonasikan.

“Apa yang kita punya ya sekedar karya, itu saja yang bisa kita berikan, tenaga juga gak bisa, jaraknya juga jauh dan banyak kendala. Mudah-mudahan teman-teman seniman lain tergerak juga. Apapun yang kita punya, yang kita bisa, untuk meringankan beban saudara-saudara kita di Lumajang,” imbuhnya.

Tak lupa, Lukman juga mendoakan para korban akibat letusan gunung semeru diberikan kesabaran dan keikhlasan atas ujian yang diberikan Allah SWT. Menurut dia, dibalik ujian itu, pasti ada hikmahnya.

“Mudah-mudahan setelah ini pertaniannya maju, Lumajang semuanya bangkit, kembali seperti semula, bahkan lebih lagi dari kemarin-kemarin,” kata Lukman memungkasi.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel