oleh

Akhir Tahun 2021, Ribuan Botol Miras di Jombang Dimusnahkan

Jombang, Jurnal Jatim – Dipenghujung tahun 2021, Polres Jombang Jawa Timur memusnahkan ribuan botol minuman keras (Miras) hasil pengungkapan dan operasi jelang pergantian tahun baru.

Pemusnahan barang bukti miras digelar di Mapolres setempat dan disaksikan langsung Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat bersama Forkopimda setelah apel gelar pasukan pengamanan tahun baru, pada Jumat sore (31/12/2021).

Ribuan botol miras berbagai merek hasil sitaan Polres Jombang dan Polsek jajaran tersebut ditata berjejer di depan kantor Satresnarkoba dengan alas terpal.

Lalu, pemusnahannya dilakukan dengan cara dihancurkan (digilas) menggunakan alat berat. Tidak sampai satu jam, ribuan botol miras tersebut hancur kena gilas. Sebagian minuman beralkohol (minol) dimusnahkan dengan cara dilarutkan ke dalam air di dalam drum.

Wakil Bupati Jombang, Sumrambah yang hadir kesempatan itu menyambut baik pemusnahan Miras yang dilakukan oleh kepolisian setempat.

“Momentumnya memang menjelang pergantian tahun baru dan ini salah satu langkah antisipatif mencegah aksi miras,” kata Sumrambah bersama Kapolres AKBP Moh Nurhidayat.

Akhir Tahun 2021, Ribuan Botol Miras di Jombang Dimusnahkan

“Pemusnahan miras Ini merupakan salah satu upaya kita untuk mencegah peredaran miras dan narkoba di Kabupaten Jombang. Dan alhamdulillah yang dimusnahkan jumlahnya 1620 botol miras,” sambungnya.

Berdasarkan keterangan dari kepolisian, barang bukti yang dimusnahkan itu merupakan hasil ungkap dan operasi yang rutin digelar sepekan terakhir menjelang natal dan tahun baru 2022.

“Barang bukti ini 1 minggu terakhir. Bisa dibanyangin 1 minggu terakhir sudah terkumpul sebanyak 1620 botol. Ini sangat luar biasa sekali,” katanya.

Banyak masyarakat kurang paham dan mengerti bahwa minum minuman keras itu dapat menjadi pemicu pertengkaran dan tawuran hingga kejahatan lainnya.

Maka dari itu, kedepan, Sumrambah menegaskan, pemerintah bersama kepolisian dan instansi lain akan terus melakukan razia terhadap peredaran miras di Kabupaten Jombang.

Ia pun mengingatkan agar momentum pergantian tahun baru digunakan untuk berdoa dan memohon perlindungan dari Pandemi COVID-19.

“Dan agar di tahun 2022 nanti kondisi bisa normal kembali. Dan kita dapat beraktivitas seperti biasa dan masyarakat bisa makmur, sejahtera, aman dan damai tidak ada masalah,” kata Wabup Sumrambah.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid