oleh

Dua Kandang Ayam Senilai Rp250 Juta di Jombang Habis Dilalap Api

Jombang, Jurnal Jatim – Kebakaran hebat menghabiskan dua unit bangunan kandang ayam di areal persawahan Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Tidak ada korban jiwa atau luka dalam musibah tersebut, sedangkan kerugian materiil ditaksir mencapai Rp250 juta, Senin, siang, (1/11/2021).

Saat terbakar kandang dalam keadaan kosong alias tanpa ayam. Bila saat terbakar kondisi kandang sedang ada ayamnya, kerugian materiil korban bisa berlipat ganda.

“Untuk kandang habis terbakar, dan pemilik katanya mengalami kerugian material sampai Rp250 juta,” kata Koordinator pos Pemadam Kebakaran Ngoro, Jombang, Samidi.

Dalam kebakaran tersebut, petugas  menerjunkan 1 unit mobil PMK. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran kandang milik dua bersaudara Hudi (61) dan Arifin (54) itu.

“Kami terjunkan satu unit mobil PMK, karena di sini air dekat dan mudah. Tidak ada korban jiwa atau pun luka, sebab posisinya kandang kosong karena habis panen, dan mau diisi kembali tapi keburu terbakar,” katanya.

Informsasi yang didapat, sumber api awalnya diketahui muncul dari kandang paling depan bagian tengah dan sudah membesar serta menyebar di atas atap.

Kobaran api dengan cepat menyebar ke seluruh bagian kandang semi permanen itu. tak butuh waktu lama, api yang diperkuat dengan hembusan angin menyapu bersih seluruh kandang dan isinya.

Nggak lama kok, paling hanya lima menit saja tadi bangunan sudah ambruk semuanya,” kata Hudi, pemilik kandang, asal dari Desa Alang-Alang Caruban, Kecamatan Jogoroto, Jombang, tersebut.

Hudi mengaku tidak tahu pasti penyebab kebakaran tersebut. Lantaran, selama ini jaringan listrik yang masuk ke kandang miliknya sudah diputus.

“Kalau listrik tidak mungkin, karena tidak ada kabelnya ke kandang, jadi penyebabnya apa saya juga belum tahu. Untuk yang terbakar, kandang ayam saya dan punya adik serta semua peralatan di dalam kandang,” ujarnya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel