oleh

Kabar Duka, Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum Jombang KH Irfan Sholeh Wafat

Jombang, Jurnal Jatim – Kabar duka datang dari lingkungan pesantren dan keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU). Salah satu pengasuh pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, KH M Irfan Sholeh Hamid wafat, pada Jumat (01/10/2021) siang.

Kabar meninggalnya Musytasar PCNU Jombang itu dibenarkan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang, KH Wafiyul Ahdi.

“Iya mas… Wafat td jam 11.15 WIB,” kata Kiai Wafiyul Ahdi dikonfirmasi Jurnaljatim.com, Jumat (1/9/2021).

Pengasuh asrama Al-hamidiyah Ponpes Bahrul Ulum itu menghembuskan napas terakhir di rumah sakit pada usia 68 tahun karena sakit.

“(Meninggal) di RS Airlangga. Dimakamkan paling cepat jam 17.00 di komplek maqbarah KH Hamid Hasbulloh,” lanjut Gus Wafi dalam pesan singkatnya.

Kabar Duka, Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum Jombang KH Irfan Sholeh Wafat

Kiai Irfan merupakan sosok kiai yang tidak hanya memberikan manfaat ilmu agama, tetapi dia juga pernah menjadi anggota DPRD Jawa Timur menggantikan Mundjidah Wahab yang saat itu menjadi Wakil Bupati Jombang berpasangan dengan Bupati Nyono Suharli W.

Nama KH Irfan Sholeh sempat mencuat ke publik pada pemilu 2019 lalu karena masuk ke struktur dewan pembina tim pemenangan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) wilayah Jatim.

Saat itu, Gus Irfan membantah keterlibatan dalam pemilu dan meminta namanya dicoret dari daftar tim pemenangan Prabowo-Sandi. Alasannya tidak ingin mengecewakan para wali santri serta alumni Pesantren Tambakberas karena keterlibatannya dalam tim pemenangan capres-cawapres.

Gus Irfan merupakan putra KH Sholeh. Dan, Kiai Sholeh adalah putra dari KH Abdul Hamid, adik kandung KH Abdul Wahab Chasbulloh putra dari KH Chasbulloh. Gus Irfan Soleh meninggalkan seorang istri Nyai Hj Siti Fatihah Al-Hafidzah dengan empat orang putra dan putri.

Gus Wafi pun mendoakan almarhum yang telah mendermabhaktikan perhatian kepada pesantren mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

“Dan semoga beliau selalu mendapat rahmat dan ampunan dari Allah SWT, amin,” pungkas Gus Wafi.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel