oleh

Mundjidah Wahab: Pemuda Tidak Boleh Apatis Terhadap Pembangunan Bangsa

Jombang, Jurnal Jatim- Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengatakan bahwa dalam proses pembangunan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, peran organisasi pemuda berfungsi sebagai pengawal proses pembangunan yang sedang dan akan dilakukan pemerintah.

“Pemuda tidak boleh apatis terhadap pembangunan bangsa. Sebagai penerus bangsa, pemuda harus lebih peduli terhadap masa depan maupun masa kini mengenai bangsa dan negara,” kata dia.

Mundjidah mengatakan hal itu dalam sebuah acara Pendidikan Politik Bagi Kaum Muda/ Remaja Milenial Kabupaten Jombang pada Kamis (28/10/2021) lalu di Gedung KPRI Kabupaten setempat.

“Sungguh di tangan pemudalah urusan umat ini dan di bawah kaki merekalah hidup dan matinya umat ini,” Mundjidah melanjutkan.

Menurut dia, untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional, diperlukan pemuda yang berakhlaqul karimah, sehat, tangguh, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri dan profesional. Karena itulah, organisasi pemuda memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Organisasi kepemudaan perlu diberikan pembinaan untuk menumbuhkan patriotisme, dinamika, budaya prestasi dan semangat profesionalitas, serta meningkatkan partisipasi dan peran aktif pemuda dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Terlebih lagi di masa pendemi COVID-19,” katanya.

Dikatakan dia, pembinaan organisasi kepemudaan diharapkan dapat menjadi pemicu dan pemacu para generasi muda serta wadah perkumpulannya untuk menata dan mengembangkan diri serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki agar dapat berkiprah dan berperan aktif dalam pembangunan.

Putri pahlawan nasional KH Abdul Wahab Chasbullah tersebut berharap organisasi pemuda dan partai politik, bentuk serikat serta perkumpulan lain menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan cita-cita bersama untuk kesejahteraan masyarakat.

Ia menegaskan, berbeda parpol, berbeda organisasi itu tidak harus menjadikan perpecahan, akan tetapi harus tetap bergandengan tangan, bersinergi dalam rangka untuk membangun bangsa dan negara tercinta Indonesia.

“Untuk itu berkaryalah, berbagilah, bergerak di segala bidang untuk NKRI,” pungkas Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jombang tersebut.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel