oleh

Hari Sumpah Pemuda: Wakil Ketua Ansor Jatim Ajak Rawat Persatuan Bangsa

Jombang, Jurnal Jatim – Wakil Ketua Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Jawa Timur, Farid Al Farisi mengajak semua pihak tanpa memandang latar belakang untuk bersama-sama merawat persatuan bangsa pada momentum Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

“Di hari sumpah pemuda ke 93 tahun ini, Kami ajak bersama-sama untuk merawat persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Farid, Kamis (28/10/2021).

Pertemuan para pemuda 28 Oktober 1928 silam menelorkan sebuah ikrar atau sumpah yang berisi tiga poin untuk mempersatukan Bangsa Indonesia yang kemudian disebut Sumpah Pemuda. Momentum Sumpah Pemuda saat itu juga melahirkan Lagu Indonesia Raya.

Sumpah Pemuda berisi tiga poin yaitu, Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Menurut dia, Sumpah Pemuda memiliki spirit luar biasa untuk mempersatukan Bangsa Indonesia pada masa penjajahan Kolonial Belanda. Sumpah pemuda juga modal perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajah yang sebelumnya perlawanan rakyat Indonesia melawan Belanda masih bersifat sporadis.

“Sebuah kesadaran menjadi Bangsa Indonesia yang dicetuskan para pemuda saat itu jadi tonggak mempersatukan semua golongan menjadi satu yakni Bangsa Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Gus Farid tersebut.

Kadet muda Nahdlatul Ulama tersebut mengemukakan bahwa generasi muda saat ini wajib untuk selalu merajut dan merawat persatuan bangsa yang telah dicetuskan para pemuda melalui Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Dimana saat itu, semua pemuda dari Nusantara seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Sumatera dan yang lainnya menyatakan rasa kebangsaan sebagai Bangsa Indonesia.

“Itu merupakan modal kita saat ini untuk merefleksikan diri bahwa kita ini satu bangsa, Bangsa Indonesia. Ini sudah final,” ujar Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jombang tersebut.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel