oleh

Patroli Skala Besar di Jombang Bagi-bagi Masker dan Ingatkan Prokes

Jombang, Jurnal Jatim – Penurunan status PPKM dari level 2 ke level 1 di Kabupaten Jombang, Jawa Timur bukan berarti masyarakat bebas mengabaikan protokol kesehatan (Prokes). Akan tetapi harus tetap menerapkan Prokes karena pandemi ini masih belum hilang.

Untuk itu, tim gabungan TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Jombang tetap melakukan kegiatan patroli skala besar untuk mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi prokes serta ketentuan PPKM level.

“Kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya prokes untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan COVID-19. Seperti kita ketahui, virus ini masih ada dan belum hilang,” kata Pawas Polres Jombang, AKP Mochamad Mukid di sela memimpin giat Patroli Skala Besar, Selasa, (21/9/2021).

Patroli skala besar di malam hari yang dipimpin Mukid itu melibatkan personel dari Polres Jombang, Kodim 0814, Satpol PP serta Dinas Perhubungan. Sasarannya tempat kerumunan orang yang berpotensi terjadinya penularan COVID-19.

“Sasaran patroli skala besar malam ini Alun-alun, kafe atau warung kopi, pasar, pertokoan serta kawasan parkir kendaraan peziarah makam Gus Dur, di Kecamatan Diwek, Jombang,” kata perwira dengan dua balok di pundak ini.

Patroli Skala Besar di Jombang Bagi-bagi Masker dan Ingatkan Prokes

Selain mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya Prokes minimal dengan memakai masker, petugas juga membagikan masker kepada masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker.

“Tadi ada beberapa orang yang tidak memakai masker, lalu kita beri sanksi push-up sebagai efek jera. Setelah itu kita beri masker untuk dipakai saat di luar rumah,” ujarnya.

Kasatresnarkoba Polres Jombang itu menambahkan, meski PPKM level di Kabupaten Jombang saat ini turun, Mukid meminta masyarakat untuk tetap menjalankan prokes agar COVID-19 ini meledak lagi seperti beberapa bulan lalu yang memakan banyak korban.

“Di masa PPKM level 1 ini memang ada kelonggaran agar roda perekonomian bisa berjalan, tetapi harus tetap mematuhi prokes yang telah ditetapkan pemerintah,” katanya.

Prokes yang harus dijalankan minimal 5 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas agar laju penyebaran virus corona bisa ditekan hingga hilang.

Giat patroli skala besar selain bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang Prokes, juga untuk mengantisipasi tindak kejahatan seperti curat, curas, curanmor maupun gangguan kamtibmas lainnya di malam hari.

“Selama patroli skala besar berlangsung, kami tidak mendapati adanya gangguan kamtibmas. Mudah-mudahan situasi di Jombang selalu aman dan terkendali,” tutup Mukid.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid