oleh

Ramadan, Pemkab Jombang galakkan gerakan bahagia bersama tetangga

Jombang, Jurnal Jatim – Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur kembali akan menggalakkan gerakan bahagia bersama tetangga selama bulan ramadan 1442 hijriah tahun 2021.

Pelaksanaan program itu tak berbeda jauh dengan bulan ramadan tahun sebelumnya yang juga dalam situasi pandemi COVID-19. Saat ini, pihak Pemkab setempat masih melakukan pembahasan terkait persiapannya.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan pembahasan terkait persiapan gerakan tersebut. Termasuk di antaranya, tentang instruksi kepada camat dan kepala desa untuk melaksanakan program tersebut.

“Segera akan ada koordinasi dengan takmir masjid, musala, biar nanti semua desa bisa melaksanakan (program) Bahagia Bersama Tetangga, memberikan buka puasa kepada masyarakat yang memang tidak mampu,” kata Mundjidah, diwawancarai wartawan pekan lalu.

Sekadar diketahui, gerakan Bahagia Bersama Keluarga ini juga telah dilakukan oleh Pemkab Jombang pada Bulan Ramadhan 1441 Hijriyah atau tahun 2020 yang lalu.

Sekedar diketahui, selama bulan ramadan 2020 lalu di masa pandemi COVID-19, Pemkab Jombang membuat terobosan program bahagia bersama tetangga yang berbasis masjid dan musala.

Panitian pelaksana program itu terdiri dari takmir masjid atau musala ditambah dengan NU dan Muhammadiyah dan juga dari pemerintah desa.

Mundjidah saat itu mengatakan, kepanitiaan pada program bertugas melakukan pendataan terhadap orang-orang yang akan bersedekah memberikan buka puasa dan makan sahur kepada tetangga, dan juga mendata penerima sedekah tersebut.

“Dengan demikian kita sudah membantu mereka yang kurang mampu,” kata Mundjidah.

Mundjidah menambahkan, program sesuai dengan Hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari yang berbunyi ‘Tidaklah mukmin, orang yang kenyang sementara tetangganya lapar sampai ke lambungnya’.

“Ini pas dengan program Pemerintah Kabupaten Jombang, gerakan Bahagia Bersama Tetangga. Dan alhamdulillah, bersama dengan Baznas, kita gerakkan ini, sehingga masyarakat bisa merasakan,” ujarnya.