oleh

Polres Jombang Salat Gaib Untuk 53 Awak Kapal KRI Nanggala-402

Jombang, Jurnal Jatim – Sejumlah personel Polres Jombang, Jawa Timur mengadakan salat gaib untuk 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402 milik TNI yang gugur di Perairan Pulau Bali, Senin malam (26/4/2021).

“Salat gaib ini kami tujukan kepada rekan-rekan kami yang gugur saat menjalankan tugas di perairan Bali,” kata Kapolres Jombang, AKBP Agung Setyo Nugroho.

Salat gaib yang diadakan di gedung Graha Bhakti Bhayangkara seusai salat tarawih itu merupakan pengganti salat jenazah kepada seorang muslim, namun jasadnya tidak berada di tempat.

Agung mengungkapkan, salat gaib dilakukan untuk mengingat pentingnya rasa peduli terhadap sesama Muslim. Menurut dia, musibah bisa menimpa kepada siapapun. Namun, dalam setiap menjalankan tugas, hendaknya selalu berdoa dan mengutamakan keselamatan.

“Sebagai orang yang memeluk ajaran Islam, kami wajib tolong menolong terhadap sesama, selagi tidak bisa dengan tenaga juga dengan doa,” katanya.

Mantan Kasubbagresmin Bagrenmin SSDM Polri tersebut juga mendoakan keluarga awak kapal selam agar diberikan ketabahan dan keikhlasan atas musibah tersebut.

“Kami mendoakan semoga arwahnya diterima disisi-Nya dan diampuni dosa-dosanya, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan,” tuturnya.

Sebelumnya, Kapolres Jombang bersama Forkopimda setempat Forkopimda Kabupaten Jombang, mengunjungi rumah keluarga Deni Richi Sambudi, Kru KRI Nanggala-402 di desa Dusun Jatipandak, Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.

Kunjungan tersebut sebagai bentuk dukungan dan empati kepada keluarga Deni Richi Sambudi yang dinyatakan gugur bersama prajurit KRI Nanggala-42 lainnya saat menjalankan tugas negara.

Seperti diketahui, Kapal selam KRI Nanggala-402 dikabarkan hilang kontak di perairan Bali saat melaksanakan latihan pada Rabu (21/4/2021) lalu.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjajanto, Sabtu (24/4/2021) resmi menyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam. Kemudian, Minggu petang (25/4/2021), Panglima  menyatakan 53 awak KRI Nanggala-402 telah gugur.

 

Editor: Azriel