oleh

Harlah ke 71, Fatayat Jombang Ziarah ke Makam Muassis dan Pendiri NU

Jombang, Jurnal Jatim– Pengurus Cabang Fatayat NU Jombang memperingati hari lahir (Harlah) Fatayat NU ke 71 dengan berziarah ke makam para Muassis dan pendiri NU di kabupaten setempat, Minggu (25/4/2021).

Yakni, makam KH Hasyim Asy’ari di Kompleks Makam Keluarga Pondok Pesantren Tebuireng, makam KH Abdul Wahab Chasbullah di Kompleks Makam Keluarga Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, dan makam KH Bisri Syansuri di Makam Keluarga Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif, Denanyar.

Ziarah Muassis dan Pendiri NU dilakukan secara terbatas oleh beberapa pengurus Fatayat NU Jombang dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena masih masa pandemi COVID-19.

Ketua PC Fatayat NU Jombang, Lailatun Ni’mah mengungkapkan, ziarah ke makam para Muassis NU dilakukan untuk mendoakan serta mengenang jasa-jasa para pendiri NU.

“Karena Fatayat lahir dari NU, maka kita ingin mengenang jasa-jasa beliau dan mendoakan para Muassis NU agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ungkapnya.

Dengan berziarah ke makam para Muassis NU, para kader Fatayat NU Jombang diharapkan mampu meneladani sepak terjang dan peran para Muassis NU dalam memperjuangkan NU dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami berharap, sahabat-sahabat Fatayat NU Jombang mengambil teladan dari para Muassis NU ini untuk modal perjuangan sebagai kader Fatayat NU di masa kini,” kata perempuan yang akrab disapa Ning Eli tersebut.

Kegiatan Fatayat NU Jombang

Eli mengatakan, dalam memperingati Harlah Fatayat NU ke 71 tahun 2021, Fatayat NU Jombang juga mengadakan sejumlah kegiatan, seperti lomba video kreatif seperti yang diinstruksikan oleh PP Fatayat NU.

“Alhamdulillah, dari PAC Fatayat NU Kecamatan Tembelang, Jombang berhasil mendapatkan juara favorit pada lomba ini,” katanya.

Tidak hanya itu, Fatayat NU Jombang juga telah melaksanakan kegiatan Khotmil Quran dan Istigasah yang dilanjutkan buka puasa bersama di Kantor PC Muslimat NU Jombang, Sabtu (24/4/2021). Kegiatan tersebut sesuai instruksi PW Fatayat NU Jatim tentang Program Jawa Timur Mengaji.

“Diikuti secara virtual oleh PAC Fatayat NU masing-masing se Kabupaten Jombang,” jelas cucu pahlawan Nasional KH Abdul Wahab Chasbullah ini.

Eli melanjutkan, Fatayat NU Jombang juga telah melaksanakan kegiatan Sadaqoh Ramadan yakni, memberikan makanan bergizi dan sehat bagi ibu hamil selama Bulan Suci Ramadan 1442 H/2021.

Kemudian melakukan pemasangan bendera Fatayat NU di seluruh rumah pengurus ranting, PAC, hingga PC Fatayat NU Kabupaten Jombang serta Kantor PC Fatayat NU Jombang.

“Kami juga mengadakan kegiatan Tashorruf Mukenah di musala-musala yang benar-benar membutuhkan Mukenah. Insya Allah akan kita laksanakan pada akhir April 2021,” ujarnya.

Eli menambahkan, pada Peringatan Harlah ke-71 Fatayat NU, PC Fatayat NU Jombang juga menggagas sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2021 mendatang.

Kegiatan itu, di antaranya Fatayat NU Jombang’s Got Talent, Workshop Multi Media, Diklat Adiminstrasi dan Bedah PPAO (Pedoman Pelaksanaan Administrasi dan Organisasi) Fatayat NU, Lomba Daur Ulang Sampah Rumah Tangga, hingga Resepsi Harlah NU Fatayat NU Ke-71.

“Untuk kegiatan Resepsi Harlah Fatayat NU Ke-71, rencananya dilaksanakan Bulan Juni 2021 di Ruang Bung Tomo Pemkab Jombang sesuai Protokol Kesehatan,” pungkasnya.

 

Editor: Hafid