oleh

Petugas Lapas Kediri Temukan HP dan Sabu 12,6 Gram di Selokan Penjara

Kediri, Jurnal Jatim – Petugas Lapas Kediri, Jawa Timur, menemukan ponsel dan narkoba sabu-sabu di selokan penjara, Sabtu (27/3/2021). Penggagalan upaya penyelundupan narkoba ke dalam lapas tersebut adalah yang kesekian kalinya.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kediri, Sastra Irawan membenarkan adanya upaya penyelundupan barang itu ke dalam penjara. Namun hal itu gagal terjadi karena barang yang akan diselundupkan, tersangkut di selokan lapas.

Terbongkarnya upaya penyelundupan ketika pihak lapas sedang mengontrol area brandgang pukul 09.35 WIB. Saat berada di sisi selatan area brandgang, Sastra mengecek pada area terbuka. Area itu berada di dekat jalan umum.

“Sehingga memungkinkan adanya barang lemparan dari luar tembok lapas,” ujarnya, Minggu (28/7/202

Ketika itu juga, ditemukan bungkusan yang menyangkut pipa septic tank. Kemudian, Sastra melaporkan temuan kepada Kepala Lapas Kediri, Asih Widodo.

Tanpa menunggu waktu lama, bungkusan tersebut dibuka. Ternyata isinya narkotika sabu dengan berat 12,6 gram.

“Selain itu, ada juga dua unit smartphone dan kabel berwarna kuning sepanjang empat meter di dalam bungkusan tersebut,” ujarnya.

Mendapati temuan tersebut, pihak lapas segera  berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat. Saat ini kasus ini ditangani oleh Polres Kota Kediri. Nantinya akan didalami melalui barang bukti yang ditemukan dan berbagai proses penyelidikan.

“Kami langsung menghubungi dan menyerahkan temuan tersebut kepada Satresnarkoba Polres Kota Kediri,” pungkasnya.