oleh

22 orang terduga Teroris tangkapan Densus 88 di Jatim dikirim ke Jakarta

Surabaya, Jurnal Jatim – Sebanyak 22 orang terduga teroris hasil tangkapan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror dari berbagai daerah di Jawa Timur dikirim ke Jakarta, hari ini, Kamis (18/3/2021).

Wakil Kepala Kepolisian Daerah atau Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mengungkapkan ke 22 terduga teroris itu merupakan tahanan titipan Densus 88 dan mereka akan diterbangkan ke Jakarta pada hari ini.

“Betul, ada 22 terduga teroris yang dititpkan Densus 88 akan diterbangkan ke Jakarta pada hari ini,” kata Slamet, Kamis (18/3/2021).

Dikatakan dia, puluhan terduga teroris yang dikirim ke Jakarta hasil tangkapan tim Densus 88 di sejumlah daerah di Jawatimur, seperti di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro dan Malang.

“Mereka (terduga teroris) masuk dalam gerakan terlarang, masuk kelompok JI (Jemaah Islamiah),” katanya.

22 orang terduga Teroris tangkapan Densus 88 di Jatim dikirim ke Jakarta

Ia menambahkan, selama deteksi dini, para terduga teroris tersebut diketahui masih melakukan perekrutan. Bahkan, selama kurun waktu 5 tahun, para terduga teroris itu setidaknya mampu merekrut 50 anggota.

“Mereka masih melakukan perekrutan, selama 5 tahun. Mereka mendapatkan kurang lebih 50 (anggota) yang bisa dilakukan perekrutan oleh kelompok mereka ini,” imbuhnya.

Slamet mengatakan, pasca penangkapan, Polda Jatim akan melakukan penyelidikan dan pemantauan di sekitar lokasi penangkapan. Slamet menegaskan pihaknya tidak mau kecolongan aksi teror di wilayah hukumnya.

“Kita pasti rutin mekakukan kegiatan pengamanan ke wilayahan dari 39 Polres jajaran di Jatim,” pungkasnya.

 

Editor: Azriel