oleh

Banjir di Jakarta, Daop 7 Sampaikan Maaf karena Perjalanan KA Terganggu

Madiun, Jurnal Jatim – Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko menyampaikan maaf atas gangguan perjalanan kereta api (KA) di wilayah Daop 1 Jakarta akibat banjir yang disebabkan tingginya curah hujan.

“Kami atas nama manajemen PT KAI mengucapkan permohonan maaf kepada pelanggan karena terganggu perjalanan dan pelayanan KA akibat banjir yang menggenangi jalur Kereta Api di lintas Kedunggedeh – Lemahabang, Kabupaten Bekasi,” ujar Ixfan dalam rilis tertulis, Minggu (21/2/2021).

Jalur KA yang terendam tepatnya pada km 55+100 sampai km 54+500 pada Minggu (21/2/2021) pukul 09.00. Banjir merendam sejumlah ruas jalur rel KA dampak dari meningkatnya debit aliran sungai dari Bendungan Kamojing, Pupukujang, dan Walahar.

Akibatnya, untuk sementara waktu lokasi tersebut belum dapat dilalui KA sehingga terdapat beberapa KA yang perjalanannya terpaksa dibatalkan, dan perjalanannya dialihkan menggunakan bus yang selanjutnya menggunakan KA dari stasiun Cikampek menuju kota-kota tujuan.

Perjalanan KA Dibatalkan

Ixfan menyampaikan sejumlah jadwal KA yang dibatalkan keberangkatan dari dan ke – stasiun Pasar Senen dan Gambir.

Di antaranya dari Pasar Senen, KA Jayakarta relasi Pasar Senen – Madiun – Kertosono – Jombang – Surabaya Gubeng keberangkatan dari Stasiun Madiun pukul 04.09 WIB kedatangan tanggal, 22 Februari.

Kemudian dari  Stasiun Gambir KA Bima jurusan Gambir – Madiun – Kertosono – Jombang – Surabaya Gubeng yang keberangkatan dari Stasiun Madiun pada pukul 02.15 WIB kedatangan tanggal  22 Fenruari.

Lalu KA 72A Gajayana relasi Gambir – Madiun – Kertosono – Blitar – Malang keberangkatan dari Stasiun Madiun pukul 03.20 WIB dan kedatangan tanggal 22 Februari.

Berikutnya menuju ke – Pasar Senen, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Jombang – Kertosono – Madiun – Pasar Senen yang keberangkatan dari Stasiun Jombang pukul 15.30 WIB.

“KA Singasari jurusan Blitar – Kertosono – Madiun – Pasar Senen keberangkatan Stasiun Blitar pukul 16.35,” katanya.

Kemudin ke Stasiun Gambir, KA Bima jurusan Surabaya Gubeng – Jombang – Kertosono – Madiun –  Gambir dengan keberangkatan dari Stasiun Jombang pukul 18.06 WIB.

Lalu KA Gajayana relasi Malang – Blitar – Kertosono – Madiun–Gambir dengan keberangkatan dari Stasiun Blitar pukul 15.57 WIB.

Tiket dikembalikan 100%

Ixfan mengungkapkan penumpang KA yang sudah memesan tiket pada KA yang telah dibatalkan perjalanannya dapat melakukan pembatalan melalui online ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun.

“Kami sampaikan, pembatalan tiket karena KA batal akan dikembalikan 100 persen,” ungkap Ixfan.

Dikatakan Ixfan, para pelanggan yang terdampak telah dihubungi seluruhnya, untuk menginformasikan terkait kondisi terbaru terkait perjalanan KA-nya.

Sampai saat ini, KAI sedang melakukan berbagai upaya pemulihan perjalanan KA di lokasi itu. Penanganan dilakukan baik dari sisi pengaturan operasional KA maupun prasarana jalur KA.

“Kami sampaikan bahwa sampai saat ini di wilayah Daop 7 secara umum dalam kondisi aman lancar dan terkendali,” tutupnya.

 

Editor: Azriel