oleh

Tragis, Kakek Lumpuh di Jombang Meninggal Terbakar di Dalam Kamar

Jombang, Jurnal Jatim–  Kebakaran di salah satu rumah warga Dusun Mlaten RT 02 RW 03, Desa Gadungmangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur mengakibatkan satu orang meninggal dunia, Selasa (1/12/2020).

Korban adalah pemilik rumah bernama Kanapi Munadi berusia 67 tahun. Jenazah korban tidak diautopsi dan telah diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan.

“Jenazah Korban sudah diserahkan ke keluarga. Dugaan sementara, penyebab kebakaran karena korsleting listrik,” kata Kapolsek Perak, Iptu Dwi Reto dihubungi Jurnaljatim.com melalui telepon.

Di lokasi kejadian, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya sisa kayu yang terbakar, sisa kabel listrik yang terbakar, 1 buah botol bekas oli yang terdapat sisa bahan bakar premium.

Informasi yang didapat, rumah itu Kanapi Munadi bersama istrinya Rochani (64). Saat itu, Rochani memasak di dapur tiba-tiba melihat asap dari kamar suaminya.

Seketika itu, ia menggedor pintu kamar yang ada titik api dan asap tersebut dengan maksud untuk membuka pintu kamar yang di dalam ada suaminya. Namun upaya itu tidak berhasil.

“Karena Rochani tidak bisa membuka pintu dan tidak kuat menahan banyaknya asap yang semakin tebal dan banyak lalu ia keluar rumah,” kata Retno.

Setelah itu, Rochani meminta pertolongan kepada tetangga sekitar. Warga bernama Hadi Santoso masuk ke dalam rumah dan berusaha menolong Kanapi yang masih terjebak di dalam kamar.

Namun, kepulan asap yang tebal disertai dengan kobaran api membuat Santoso tidak berhasil membuka kamar Kanapi.

“Karena banyak asap, Hadi Santoso lalu keluar karena tidak kuat,” jelas mantan Kanit perlindungan perempuan dan anak Satreskrim Polres Jombang tersebut.

Tak lama kemudian, petugas Pemadam Kebakaran dari BPBD Jombang tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman api. Kendati si jago merah berhasil dipadamkan, namun nyawa pemilik rumah tak bisa diselamatkan.

Korban yang mengalami kelumpuhan dan tidak bisa berjalan tewas terpanggang api di dalam kamarnya. Tubuhnya gosong atau hangus terbakar.

“Korban ditemukan meninggal di dalam kamar dengan kondisi tubuhnya penuh luka bakar akibat terbakar api,” katanya.

 

 

Editor: Azriel