oleh

Pilkada 2020, Gubernur Khofifah Tinjau Coblosan di Manduro Mojokerto

Surabaya, Jurnal Jatim – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengecek langsung proses pencoblosan Pilkada Serentak yang digelar hari ini, Rabu (9/12/2020).

Lokasi pertama yang disidak Khofifah yakni TPS 008, Desa Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Khofifah melakukan peninjuan usai menyalurkan hak pilihnya dalam Pilkada Surabaya 2020 di TPS 25, Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wononocolo,

Khofifah bersama Forkopimda Jatim yakni Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto dan Ketua KPU Jatim, Choirul Anam.

Mengutip situs kominfo Jatim, rombongan tiba sekira pukul 11.00 WIB dalam keadaan cuaca hujan gerimis. Namun animo masyarakat yang hadir di TPS tersebut untuk memberikan hak suaranya juga tampak cukup tinggi.

Diawali dengan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk TPS, Khofifah dan Forkopimda menyempatkan diri menyapa warga yang antri di kursi yang berjarak satu meter. Dilanjutkan pengecekan daftar pemilih dan daftar hadir pada petugas KPPS.

Mantan menteri sosial itu juga terus memastikan penerapan protokol kesehatan COVID-19 di TPS tersebut. Termasuk mengecek ketersediaan dan kondisi bilik khusus yang disiapkan bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37⁰ celcius.

Di TPS 008 tersebut, tercatat 312 pemilih dengan perbandingan laki-laki 152 orang dan perempuan 160 orang. Hingga pukul 11.15 WIB tercatat sudah sekitar 60 persen pemilih yang masuk daftar pemilih tetap telah menggunakan hak suaranya.

Jumlah kehadiran masyarakat di TPS itu juga berpotensi terus bertambah, karena pemungutan suara dilakukan hingga pukul 13.00 WIB. Sekira pukul 11.30 WIB, Khofifah dan rombongan bergeser untuk melanjutkan pengecekan TPS di Kota Pasuruan.

Gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut dijadwalkan mengunjungi TPS 10 Jalan Sultan Agung Kelurahan Pututrejo, Kota Pasuruan sekitar pukul 12.15.

Lalu diakhiri dengan pengecekan proses penghitungan suara di Pilkada Kota Surabaya pada pukul 14.00 WIB, tepatnya di  TPS 7, Jalan Darmokali No 65A Surabaya.

 

 

Editor: Hafid