oleh

Gelar Diklat, Ratusan santri Latifiyyah I Siap Jadi Jurnalis

JOMBANG – Ratusan santri Pondok Pesantren Putri (PPP) Al-Latifiyah I Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawatimur ‘siap’ untuk dicetak menjadi seorang jurnalis. Hal itu, terlihat banyaknya minat para santriwati yang akan mengikuti kegiatan Diklatsar Pendidikan dan Pelatihan Dasar) Jurnalistik yang diselenggarakan oleh panitia pondok setempat di Aula Pondok Lathifiyyah Bahrul Ulum Jalan KH.Wahab Chasbullah, Tambakberas, Jombang, Jawatimur.

“Jumlah pesertanya yang ikut diklat kurang lebih sebanyak 130 santri,” kata salah satu panitia, Robiatuz Zuniar.

Panitia menjelaskan, ratusan peserta itu mereka terdiri dari siswi yang masih duduk dibangku MTs dan MA. Selain materi didalam ruangan (In door), kata panitia, para peserta juga akan mendapatkan materi praktek lapangan (out door). “Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari,” katanya.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk menarik bakat para santriwati dalam karya tulis. “disini selain madding (Majalah Dinding) kita juga menerbitkan majalah bulanan namanya Kresan (Kreasi Santri),” kata gadis berkacamata ini..

Salah satu Narasumber dalam diklat tersebut Zainul Arifin mengatakan sangat bangga dengan antusiasme para santri untuk mempelajari jurnalis. “Semoga kedepannya menjadi insane jurnalis yang professional dan bertanggung jawab,” kata pria yang menjadi salah satu kontributor media online ini yang juga sekaligus disalah satu media cetak lokal.

Beberapa materi yang dipelajari dalam kegiatan tersebut, masih kata Zainul, diantaranya adalah Teknik Penulisan Berita, Teknik wawancara, Teknik Penulisan Opini dan Features. “Yang terpenting sebenarnya adalah para santri gemar menulis dan membaca, Insya Allah pasti berhasil,” tandasnya meyakinkan.

Sementara itu, Lukman Hakim salah satu santri senior yang menempat dipondok setempat mengatakan sebenarnya kegiatan seperti ini merupakan agenda tahunan pondok. Hal itu untuk memacu kreatifitas para santriwati dalam karya tulis. “Sejumlah karya para santriwati dituangkan dalam MaJalah Dinding dan penerbitan Majalah Pondok,”terang
pria yang sudah bertahun tahun berada di Pondok yang saat ini diasuh oleh Nyai Hj.Machfudhoh Aly Ubaid ini.

Pria lulusan (STMIK) Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Komputer Bahrul Ulum itu berharap kedepannya, ilmu yang didapat dapat bermanfaat bagi orang lain. (ZA/BK/MRP/DK)

Komentar