Pilkada Jombang 2024, Dua Paslon Dilengkapi Pengawal Pribadi dari Kepolisian

, Jurnal Jatim – Dua pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati akan dilengkapi  pengawal pribadi (Walpri) dari kepolisian setelah resmi ditetapkan oleh KPU sebagai pasangan calon peserta , Minggu (22/9/2024).

Dua pasangan calon peserta Pilkada Jombang itu Mundjidah Wahab dengan dan Warsubi dengan M Salmanudin.

Pasangan Mundjidah-Sumrambah diusung PPP, Partai Demokrat dan . Sementara Warsubi-Salman diusung PKB, , , PKS, PAN dan Nasdem.

“Pengawalan pribadi disiapkan dari kami guna mengawal pasangan dan calon wakil Bupati Jombang,” kata Kabagops Polres Jombang Kompol Bambang Setyobudi setelah mengikuti penyampaian penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Jombang pemilihan 2024 di KPU Jombang.

Bambang mengatakan saat ini ada 21 orang personel termasuk satu perwira pengendali yang disiagakan untuk 2024. Dari jumlah itu, 16 personel disiapkan melakukan pengawalan calon secara pribadi selama 24 jam tidak berhenti dan selalu melekat.

Pengawalan 16 personel dilakukan setelah dua pasangan calon ditetapkan KPU hingga mengikuti tahapan Pilkada Jombang saat waktu pencoblosan dan pemungutan suara dimulai

“Setiap pasangan calon akan mendapat delapan pengawal pribadi, rinciannya pengawalan satu calon sebanyak empat orang. Pengawalan melekat 24 jam akan dilakukan mulai besok Senin (23/9/2024),” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa polisi yang terpilih menjadi pengawal pribadi atau Walpri itu mereka semua sudah seleksi baik kesehatan, mental ideologi, psikologi serta beladiri praktis.

Diketahui, pengamanan pilkada serentak ini sedikitnya ada 580 personel gabungan dari Polri, TNI dan stakeholder terkait yang dikerahkan. Polres Jombang telah menggelar simulasi pengamanan beberapa waktu lalu di Jombang.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.